In-depth

‘Kryptonite’ Kevin/Marcus di Kejuaraan Bulutangkis Dunia Tak Hanya Endo/Watanabe Saja

Senin, 16 Desember 2019 16:09 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis: Indosport.com
Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, Si Duo Jepang 'Kryptonite' Kevin/Marcus. Copyright: © Grafis: Indosport.com
Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, Si Duo Jepang 'Kryptonite' Kevin/Marcus.

INDOSPORT.COM – Pasangan bulutangkis ganda putra terbaik dunia asal Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon bukanlah seorang Superman yang tak terkalahkan. Ada ‘kryptonite’ yang baru-baru ini mengancam mereka, yakni ganda putra Jepang dan China.

Kryptonite sendiri merupakan batu kristal berwarna hijau yang menjadi kelemahan Superman, dan ia akan kehilangan kekuatan saat mengenai benda tersebut. Seolah benar adanya, pasangan Kevin/Marcus juga memiliki kelemahan kala bersua wakil Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Dalam lima pertemuan terakhir mereka di tahun 2019, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon memang masih kokoh di peringkat pertama ganda putra dunia. Namun, mereka selalu kalah dari pasangan Endo/Watanabe. Entah anomali apa yang terjadi pada kedua pasangan tersebut.

Empat laga terakhir, Kevin/Marcus kalah dari Endo/Watanabe dengan tiga set yang menguras emosi dan tenaga. Sementara satu pertemuan lainnya dalam Badminton Asia Championships 2019, berakhir hampir menyerupai skor Afrika, yakni 18-21, 3-21 untuk keunggulan wakil Jepang.

Namun, pasangan yang bisa mengancam kiprah The Minions di papan atas turnamen bulutangkis dunia bukan hanya Endo/Watanabe saja. Kini, muncul nama baru yang juga menjadi sorotan. Mereka adalah Choi Solgyu/Seo Seung Jae dari Korea Selatan.

Sebagai ganda putra peringkat kesepuluh, Choi Solgyu/Seo Seung Jae memang tak sering bersua Kevin/Marcus dalam satu lapangan. Sepanjang tahun 2019, keduanya hanya pernah bertemu dalam dua kesempatan, yakni di China Open 2019 dan BWF World Championships 2019.

Namun, pasangan yang viral karena sering mengulur waktu dengan mengepel lapangan itu selalu memberikan perlawanan yang sengit pada The Minions. Buktinya, Choi Solgyu/Seo Seung Jae bisa meraih kemenangan atas ganda putra Indonesia.

Dalam turnamen BWF World Championships 2019 bulan Agustus lalu, Choi Solgyu/Seo Seung Jae menaklukkan Kevin/Marcus dengan perlawanan tiga set dan menutup pertandingan dengan skor akhir 21-16, 14-21, 21-23.

Selanjutnya, di China Open 2019 bulan September, Choi Solgyu/Seo Seung Jae lagi-lagi memberikan perlawanan sengit dan memaksa bermain rubber. Beruntung, Kevin/Marcus bisa mengakhiri laga dengan keunggulan tipis 22-20, 18-21, 23-21.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%