Indonesia Masters: Terlalu Mendominasi, Hanya 1 Wakil Asing yang Mampu Curi Podium di Ganda Putra

Sabtu, 21 Desember 2019 17:43 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Dominasi ganda putra Indonesia di turnamen Indonesia Masters memang bisa dibilang sangat luar biasa. Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Dominasi ganda putra Indonesia di turnamen Indonesia Masters memang bisa dibilang sangat luar biasa.

INDOSPORT.COM - Dominasi ganda putra Indonesia di turnamen Indonesia Masters memang bisa dibilang sangat luar biasa. Bagaimana tidak, digelar dari tahun 2010, hanya ada satu wakil non-Indonesia yang berhasil meraih gelar, siapa itu?

Pasangan tersebut tak lain tak bukan adalah pasangan ganda putra asal Korea Selatan, Kim Gi-jung/Kim Sa-rang yang berhasil menjadi juara pada tahun 2012 usai mengalahkan pasangan Angga Pratama/Ryan Agung Saputra dengan skor 21-13, 21-9.

Selain itu, tak ada lagi kemenangan pasangan non-Indonesia di Indonesia Masters yang berhasil naik podium di sektor ganda putra karena seluruhnya sudah dikuasai oleh wakil Tanah Air.

Dibuka oleh pasangan Mohammmad Ahsan/Bona Septano yang berhasil meraih dua gelar berturut di tahun 2010 dan 2011, gelar tersebut harus direlakan sejenak dan jatuh ke pangkuan negara lain di tahun 2012.

Tak ingin membiarkan terlalu lama, pasangan Angga Pratama/Rian Agung Saputro pun unjuk kebolehan di tahun 2013 dengan naik podium tertinggi di gelaran Indonesia Masters.

Di tahun 2014, giliran pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Markis Kido yang meraih gelar juara, tetapi di tahun 2015 direbut oleh Berry Angriawan/Rian Agung Saputro.

Sebelum akhirnya pada tahun 2016, pasangan dadakan Wahyu Nayaka/Kevin Sanjaya naik ke podium tertinggi Indonesia Masters dan itu kembali diulanginya dengan Marcus Gideon pada tahun 2019 ini.

Pastinya di Indonesia Masters 2020, sektor ganda putra diharapkan mampu untuk terus mempertahankan gelar dan terus menegaskan kedigjayaan Indonesia di sektor ganda putra.