Indonesia Masters: Dominasi Tuan Rumah yang hanya 'Izinkan' 2 Wakil China Naik Takhta

Senin, 23 Desember 2019 18:16 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Dominasi ganda campuran Indonesia di kompetisi Indonesia Masters memang bisa dikatakan sangat luar biasa. Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Dominasi ganda campuran Indonesia di kompetisi Indonesia Masters memang bisa dikatakan sangat luar biasa.

INDOSPORT.COM - Dominasi ganda campuran Indonesia di kompetisi Indonesia Masters memang bisa dikatakan sangat luar biasa. Bagaimana tidak, digelar dari tahun 2010, hanya ada dua wakil non-Indonesia yang berhasil meraih gelar, siapakah mereka?

Pasangan tersebut tak lain tak bukan adalah pasangan ganda campuran asal China, He Hanbin/Bao Yixin dan Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Pasangan Hanbin/Yixin berhasil meraih gelar juara usai mengalahkan rekan senegara yakni Xu Chen/Ma Jin dengan skor 21-19, 1-4 (mundur) untuk berhasil naik podium Indonesia Masters di tahun 2011.

Selanjutnya, pasangan Siwei/Yaqiong di tahun 2019 setelah mengalahkan pasangan Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad dalam pertandingan rubber game dengan skor akhir 19-21, 21-19, 21-16.

Selain itu, tak ada lagi kemenangan pasangan non-Indonesia di Indonesia Masters yang berhasil naik podium di sektor ganda campuran karena seluruhnya sudah dikuasai oleh wakil Tanah Air.

Dibuka oleh pasangan Tontowi Ahmad/ Liliyana Natsir  di tahun 2010 lalu terlepas ke tangan China setahun setelahnya, tetapi kemudian kembali mereka rebut di tahun 2012.

Setahun kemudian, giliran pasangan Praveen Jordan/Vita Marissa yang unjuk kebolehan di tahun 2013 dengan naik podium tertinggi di gelaran Indonesia Masters.

Di tahun 2014, podium juara diambil alih oleh pasangan Riky Widianto/Richi Puspita Dili, tetapi di tahun 2015 kembali direbut oleh pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Pada tahun 2016, pasangan Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti sukses naik ke podium tertinggi Indonesia Masters tetapi sayang prestasi ganda campuran Indonesia tersebut harus kembali direbut oleh pasangan China di tahun 2019

Pastinya, di Indonesia Masters 2020, sektor ganda campuran diharapkan mampu untuk kembali merebut gelar dari tangan China dan sekaligus menegaskan kalau kejayaan ganda campuran Indonesia segera dimulai.