Evaluasi Petenis Aldila Sutjiadi: Semakin Matang, Peringkat Naik Tiga Kali Lipat

Selasa, 24 Desember 2019 22:59 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Juni Adi
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Aldila Sutjiadi mengibarkan bendera Indonesia usai meraih medali emas tenis SEA Games 2019 dari nomor tunggal putri. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Aldila Sutjiadi mengibarkan bendera Indonesia usai meraih medali emas tenis SEA Games 2019 dari nomor tunggal putri.

INDOSPORT.COM - Petenis putri Indonesia, Aldila Sutjiadi semakin memantapkan prestasinya di tahun 2019 ini, secara peringkat dunia ITF dirinya pun melonjak lebih dari tiga kali lipat.

Dalam dua tahun kebelakang, Aldila Sutjiadi semakin memantapkan posisinya sebagai salah satu petenis putri terbaik di Indonesia.

Sukses meraih medali emas Asian Games 2018, Aldila Sutjiadi pun bisa melengkapinya dengan dua medali emas lainnya di SEA Games 2019

Bukan hanya itu, penampilan Aldila Sutjiadi di tahun 2019 ini juga semakin menunjukan kematangan. Utamanya di sektor ganda.

Aldila Sutjiadi di tahun 2019

Di tahun 2019 ini Aldila Sutjiadi memang gagal meraih gelar satupun di nomor tunggal, dalam rangkaian ITF Circuit Finals yang diikutinya. Prestasi tersebut menurun dari capaiannya di tahun 2018, dimana satu gelar juara berhasil diraihnya di ITF Indonesia.

Namun di sektor ganda, prestasi juara masih rajin di dapat Aldila Sutjiadi. Di sektor ganda putri, berpasangan dengan petenis Hong Kong, Eudice Chong, empat kali Aldila Sutjiadi meraih gelar juara tahun ini dalam rangkaian ITF Circuit Finals .

Begitupun ketika berpasangan dengan petenis putri asal Inggris, Paige Mary Hourigan. Tiga gelar juara berhasil didapat Aldila Sutjiadi.

Seperti yang disinggung di atas, prestasi Aldila Sutjiadi juga semakin lengkap saat dirinya bisa mengawinkan medali emas Asian Games tahun lalu, dengan dua medali emas di SEA Games 2019. Satu di sektor tunggal putri dan satu di ganda campuran bersama Christopher Rungkat.

Capaian Aldila Sutjiadi di berbagai kejuaraan itu pun semakin meningkatkan rankingnya di peringkat ITF (International Tennis Federation).

Dimana kini dirinya berada di peringkat 362 sektor ganda putri. Meningkat hampir dua kali lipat dari tahun lalu, yang hanya peringkat 664.

Bahkan di sektor ganda, ranking Aldila Sutjiadi bisa melesat tiga kali lipat. Dari tahun lalu yang ada di ranking 517 dunia, kini ada di urutan ke 167.

Dengan usia yang masih 24 tahun, apa yang dicapai Aldila Sutjiadi tentu merupakan sesuatu yang membanggakan dan menjanjikan. Maka dari itu INDOSPORT pun tak ragu untuk menganugerahkannya status salah satu atlet putri terbaik Indonesia di tahun 2019.

1