Sering Dikalahkan Wakil Indonesia, Ganda Putra China Alami Frustrasi

Selasa, 31 Desember 2019 13:42 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis ganda putra China, Liu Yuchen mengakui sangat frustrasi pada tahun 2019 bagi dirinya dan Li Junhui setelah hanya memenangkan sedikit gelar.

Tahun 2019 memang tahun yang sedikit berat bagi pasangan Liu Yuchen/Li Junhui setelah mereka hanya memenangkan sedikit gelar saja dan harus melepaskan predikat Juara Dunia yang diraih pada 2018 lalu.

Hal itu tidak terlepas dari kekalahan yang sering ia alami saat bertemu wakil Indonesia, yakni Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Terhitung, Liu Yuchen/Li Junhui tumbang delapan kali saat berhadapan dengan wakil Indonesia, dengan rincian 4 kali kalah dari Ahsan/Hendra, Kevin/Marcus tiga kali, dan satu kali kalah di tangan Fajar/Rian.

Raihan gelar pasangan ganda putra China itu pun hanya terjadi di kelas Super 750 dan Super 300. Sementara untuk kelas Super 500, Liu Yuchen/Li Junhui harus puas hanya menempati posisi runner-up di Thailand Open 2019.

"Tahun 2019, kami hanya memenangkan gelar di Malaysia Open dan jika dibandingkan dengan tahun 2018, tentu saja tahun ini memiliki celah besar. Saya berhasil memenangkan Piala Sudirman tetapi tidak berhasil mempertahankan gelar Juara Dunia di tahun 2019 ini," ujar Liu Yuchen dikutip dari media sports.sina.com.cn.

Liu Yuchen pun menyebutkan kalau dirinya memang mengalami sedikit kefrustrasian di tahun 2019 tetapi tetap mencoba untuk berusaha memotivasi dirinya sendiri.

"Saya memulai persiapan yang tidak baik di tahun 2019 dan tahun ini saya merasa sedikit frustrasi, seperti tidak berhasil di Kejuaraan Dunia, memenangkan sedikit gelar dan lain sebagainya,"

"Tetapi saya masih berusaha untuk terus memotivasi diri saya sendiri. Setelah menyelesaikan tugas dengan baik di Piala Sudirman dan poin untuk Olimpiade juga telah terkumpul dengan baik," pungkasnya.

Terakhir, Liu Yuchen mengakui kalau meraih gelar juara akan menjadi sangat penting bagi dirinya dan Li Junhui di tahun 2020. Ia pun akan berusaha untuk terus melewati kesulitan ini dan bekerja keras untuk meningkatkan kemampuannya.

Terdekat, pasangan Li Junhui/Liu Yuchen akan terlibat dalam turnamen Malaysia Masters 2020 yang akan digelar pada 7-12 Januari mendatang di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia.