Menakar Peluang Juara Ganda Putra Indonesia di Malaysia Master 2020: All Indonesia Final dengan Bekal Catatan Sejarah

Rabu, 1 Januari 2020 04:18 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Kevin/Marcus dan Ahsan/Hendra, ganda putra andalan Indonesia. Copyright: © INDOSPORT
Kevin/Marcus dan Ahsan/Hendra, ganda putra andalan Indonesia.

INDOSPORT.COM - Malaysia Master akan menjadi awal rangkaian BWF World Tour di tahun 2020, berikut peluang juara Indonesia khusus di sektor ganda putra.

Setelah mendapatkan hasil luar biasa di tahun 2019, sejumlah ganda putra andalan Indonesia akan kembali berjibaku dalam rangkaian BWF World Tour 2020, yang akan di awali di malaysia Master, (07/01/19).

Di turnamen berlevel BWF Super 500 itu, Indonesia akan diwakili oleh empat pasangan ganda putra. Mulai dari ganda nomor satu dunia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon. Juara BWF World Tour Finals 2019 Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Juga Fajar Alfian/Rian Ardianto dan Wahyu Nayaka/Ade Yusuf.

Turun dengan tiga pasangan yang berstatus unggulan, peluang Indonesia untuk bisa membawa pulang gelar juara Malaysia Master dari sektor ganda putra, jelas sangat terbuka.

Apa lagi dua pasangan yang jadi unggulan pertama, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan berada di section berlawanan. Section satu dan 4, sehingga memungkinkan saling berhadapan di final.

Untuk mencapai final, keduannya pun relatif memiliki jalan yang mudah di awal. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan misalnya. Baru kemungkinan hanya mendapatkan lawan sulit unggulan ketujuh, Lee Yang/Wang Chi-lin di perempatfinal.

Itupun kemungkinan bisa dilalui oleh  Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Berbekal keunggulan head to head 4-2 dari lawannya itu.

Setelahnya di semifinal,  Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kemungkinan akan dihadang lawan yang unggul dalam head to head, Li Jun Hui/Liu Yu Chen. Namun jika pertemuan itu terjadi, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan  pun punya keuntungan, selalu menang dalam tiga pertemuan terakhirnya melawan Li Jun Hui/Liu Yu Chen.

Untuk itu makannya kemungkinan besar Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melaju mulus menembus final Malaysia Master 2020.

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon

Setali tiga uang, perjalanan mulus kemungkinan akan dihadapi Kevin Sanjaya/Marcus Gideon. Hanya akan besua pasangan yang lolos dari kualifikasi pada putaran pertama.

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon pun hanya kan menghadapi pasangan Malaysia, entah itu Goh V Shem/Tan Wee Kiong atau Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Pasangan yang sama-sama kalah jauh dalam catatan pertemuan melawan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Namun sayangnya saat lolos ke perempatfinal, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon berpeluang berhadapan dengan sesama wakil Indonesia Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Pertemuan melawan Fajar Alfian/Rian Ardianto menjadi menarik. Meski Kevin Sanjaya/Marcus Gideon unggul dalam head to head 5-2, The Minions justru kalah dalam pertemuan terakhirnya melawan Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Dengan asumsi Kevin Sanjaya/Marcus Gideon bisa keluar sebagai pemenang. DI semifinal, The Minions kemungkinan akan juga dihadang lawan yang dalam head to head tak unggul darinya, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Maka dari itu, besar peluang terjadi All Indonesia Final antara Kevin Sanjaya/Marcus Gideon vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Malaysia Master 2020. Sehingga catatan sejarah Indonesia selalu juara di sektor ganda putra Malaysia Master dalam empat tahun terakhir akan berlanjut.