Tak Main-main, Ahsan/Hendra Pasang Target Emas Olimpiade Tokyo 2020

Sabtu, 4 Januari 2020 09:54 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan mengaku masih gatal untuk memenangi medali emas Olimpiade Tokyo 2020 bersama pasangannya, Mohammad Ahsan.

Hendra yang kini berpasangan dengan Ahsan merupakan pemenang medali emas bulutangkis ganda putra Olimpiade 2008, saat masih berpasangan dengan Markis Kido.

“Masih (semangat) dong untuk memenangi Olimpiade. Apalagi saya belum pernah memenangi medali emas Olimpiade saat bersama Ahsan,” kata Hendra Setiawan, dilansir dari laman Antara.

Untuk mengejar impiannya sekaligus targetnya tersebut dalam meraih medali emas, Ahsan/Hendra saat ini fokus pada mengamankan slot di Olimpiade Tokyo 2020.

Hendra yakin seandainya dari semua turnamen yang mereka ikuti saat ini sampai April mendatang saat berakhirnya kualifikasi Olimpiade, mereka mampu minimal mencapai final, tiket tersebut akan dapat mereka raih.

Federasi bulutangkis dunia BWF (Badminton World Federation) menggunakan pemeringkatan untuk menentukan para pebulutangkis yang berhak berkompetisi di Olimpiade.

Khusus sektor ganda, satu negara berhak mengirimkan maksimal dua wakil jika terdapat dua pasangan atlet mereka yang masuk peringkat delapan besar dunia.

Dari daftar yang dirilis laman BWF terhitung pada 31 Desember 2019, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menempati peringkat kedua dengan koleksi 99.500 poin, di bawah Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dengan 105.803 poin.

Hendra menambahkan bahwa turnamen terdekat yang akan menjadi ajang ia dan Ahsan untuk poin adalah Malaysia Masters. Ia menuturkan bahwa mereka akan berangkat untuk mengikuti ajang tersebut pada Minggu (05/01/20) mendatang.

Setelah itu, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan direncanakan akan tampil pada Indonesia Masters, Kualifikasi Piala Thomas, All England, dan Badminton Asia Championship, setelah April atau berakhirnya kualifikasi Olimpiade.

Pada tahun 2019 lalu, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil meraih tiga gelar besar yakni All England, Kejuaraan Dunia dan BWF World Tour Finals dan tujuh kali menjadi runner-up.