Peluang Juara Ganda Putra di Indonesia Masters 2020: Ahsan/Hendra Lebih Bisa Diharapkan

Minggu, 12 Januari 2020 17:50 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Humas PBSI
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjadi harapan Tanah Air untuk meraih juara di Indonesia Masters 2020 yang berlangsung pekan depan. Copyright: © Humas PBSI
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjadi harapan Tanah Air untuk meraih juara di Indonesia Masters 2020 yang berlangsung pekan depan.

INDOSPORT.COM - Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjadi harapan Tanah Air untuk meraih juara di Indonesia Masters 2020 yang berlangsung pekan depan.

Empat ganda putra tanah air sudah dipastikan akan turun di babak utama Indonesia Masters 2020. Mereka adalah Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Rian Ardianto, dan Wahyu Nayaka/Ade Yusuf.

Di antara keempatnya, seperti biasa Kevin Sanjaya/Marcus Gideon menjadi pasangan yang paling dijagokan untuk meraih gelar juara. Sebab selain status unggulan pertama, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon juga punya modal bagus sebagai juara bertahan, dan juga motivasi tinggi mereka usai kegagalan di Malaysia Masters 2020.

Adangan Lawan Berat di Perempatfinal

Meski punya modal bagus, sayangnya langkah Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di Indonesia Masters 2020 akan sepenuhnya mulus. 

Duet berjuluk Duo Minions itu sangat mungkin memang tak akan kesulitan di putaran pertama menghadapi Marcus Ellis/Christopher Langridge. Dan juga di putaran kedua ketika harus melawan di antara He Jiting/Tan Qiang atau Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Tetapi di perempatfinal, sangat mungkin Kevin Sanjaya/Marcus Gideon berhadapan dnegan lawan berat, pasangan asal Jepang Hiroyuki Endo/Yuta Wanatabe.

Dengan status sebagai unggulan keenam turnamen, Hiroyuki Endo/Yuta Awataneb sangat mungkin menghentikan laju Kevin Sanjaya/Marcus Gideon. Seperti halnya lima pertemuan terakhir mereka, yang selalu berujung kemenangan wakil Jepang itu.

Dengan catatan itu, andai sampai bertemu Hiroyuki Endo/Yuta Watanaebe nanti, tak mengejutkan nantinya jika Kevin Sanjaya/Marcus Gideon terhenti di perempatfinal. 

Meski sebenarnya jika bisa melewati keduanya, peluang Kevin Sanjaya/Marcus Gideon akan lebih besar untuk ke final dan juara. Karena di semifinal, paling sulit mereka hanya kemungkinan melawan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, yang secara head to head jauh diunggulinya.

Harapan di Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Dengan kondisi Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di atas, maka harapan kini ada di Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan misalnya, bisa lebih diharapkan dnegan hasil undian yang tak terlalu membebankan. Di putaran pertama, jika tak ada kejutan berarti Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sangat mungkin tak akan sulit menghadapi lawan-lawannya.

Di perempatfinal pun, antara Lee Yang/Wang Chi-lin dan Goh V Shem/Tan Wee Kiong yang berpeluang besar menjadi lawannya, rasanya tak akan sulit dilewati Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Dengan bekal keunggulan head to head, 5-2 atas Lee Yang/Wang Chi-lin  dan 7-1 dari Goh V Shem/Tan Wee Kiong.

Kunci untuk Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan ada di semifinal. Di saat mereka berpeluang berhadapan dengan Li Jun Hui/Liu Yu Chen atau Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Melawan dua pasangan yang hingga kini belum bisa mereka ungguli dalam head to head, menjadi penentu apakan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan bisa mewujudkan peluang menjadi juara di Indonesia Masters 2020.

Namun menjadi menarik jika nantinya Fajar Alfian/Rian Ardianto-lah yang menjadi lawan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di semifinal Indonesia Master 2020. Sebab siapapun yang lolos nantinya ke final, tentu akan menguntungkan buat Indonesia, yang peluang juarannya tetap akan terbuka.