Menakar Peluang Tunggal Putra Tanah Air di Indonesia Masters 2020: Bakal Perang Saudara di Final?

Minggu, 12 Januari 2020 07:19 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Coro Mountana
© pbsi
Anthony Ginting dan Jonatan Christie akan kembali menjadi harapan juara di Indonesia Masters 2020. Akankah keduanya bisa menembus final? Copyright: © pbsi
Anthony Ginting dan Jonatan Christie akan kembali menjadi harapan juara di Indonesia Masters 2020. Akankah keduanya bisa menembus final?

INDOSPORT.COM - Anthony Ginting dan Jonatan Christie akan kembali menjadi harapan juara di Indonesia Masters 2020. Akankah keduanya bisa menembus final sehingga tercipta perang saudara?

Seperti di Malaysia Masters 2020, di Indonesia Masters 2020, empat tunggal putra akan menjadi harapan Tanah Air untuk meraih juara.

Selain Anthony Ginting dan Jonatan Christie yang merupakan tunggal putra unggulan, ada juga Shesar Hiren Rhustavito dan Tommy Sugiarto.

Melihat komposisi tersebut, sudah tentu Anthony Ginting dan Jonatan Christie akan menjadi harapan utama gelar juara Indonesia masters 2020 tetap bertahan di rumahnya sendiri.

Hasil undian pun cukup menguntungkan, sebab Anthony Ginting dan Jonatan Christie tak mungkin saling bertemu di awal, sebelum babak final.

Anthony Ginting

Sebagai unggulan ketujuh, hasil undian Indonesia Masters 2020 menempatkan Anthony Ginting di section dua. Di mana Anthony Ginting harus berhadapan dengan wakil India Parupalli Kashyap.

Melawan tunggal putra peringkat 23 dunia itu, di atas kertas Anthony Ginting tentu akan mudah untuk melenggang mulus. Seperti halnya dalam lima pertemuan terakhir, di mana tak sekalipun Parupalli bisa mencuri kemenangan atas Anthony Ginting.

Menariknya jika melaju ke putaran kedua, Anthony Ginting berpotensi berhadapan dengan sesama wakil Indonesia Tommy Sugiarto.

Menjadi menarik sebab secara head to head Anthony Ginting sebenarnya tertinggal dari Tommy Sugiarto, 1-3. Tetapi jika melihat perkembangan terkini, Anthony Ginting pantas diunggulkan. Terlebih dalam pertemuan terakhir keduanya, Anthony Ginting lah yang keluar sebagai pemenang.

Di perempatfinal pun, jika merujuk pada status unggulan, Anthony Ginting kemungkinan akan diuntungkan. Sebab dirinya berpotensi bertemu unggulan ketiga Indonesia Masters 2020, Chen Long dari China.

Dengan status unggulan itu, Chen Long justru tertinggal head to head jauh 4-8 atas Anthony Ginting. Termasuk didalamnya dua kekalahan di dua pertemuan terakhir.

Jika bisa melewati Chen Long, maka peluang Anthony Ginting akan semkain besar menembus final. Karena calon lawannnya di semifinal, paling berat hanya Viktor Axelsen. Lawan yang secara head to head juga bisa Anthony Ginting ungguli, dengan kedudukan 3-2.

Jonatan Christie

Sementara Jonatan Christie yang ada di section tiga, akan berhadapan dnegan wakil India Prannoy Haseena. Meski dalam head to head berimbang 2-2, Jonatan Christie layak diunggulkan sebab selalu bisa menang dalam dua pertemuan terakhirnya.

Menjadi bahaya kemudian di putaran kedua, di mana Jonatan Christie berpeluang berhadapan melawan peringkat 15 dunia Wang Tzu Wei. Andai benar terjadi, kekalahan Jonatan Christie di dua pertemaun terakhir dengan tunggal putra Chinese Taipei itu, sangat mungkin terulang.

Padahal jika bisa melewati Wang Tzu Wei, kondisi menguntungkan bisa didapat Jonatan Christie, saat dirinya hanya berpeluang menghadapi Anders Antonsen di perempatfinal. Lawan yang bisa diunggulinya dalam rekor pertemuan dengan agregat 4-2.

Berkaca pada kondisi di atas, maka memang berat kemungkinan terciptanya all Indonesia final di Indonesai Masters 2020. Meski harapannya tentu dengan dukungan penuh publik tanah air, Jonatan Christie dan Anthony Ginting bisa tampil maksimal hingga salah satu menjadi juara.