Wakil Malaysia Tersungkur, Saatnya Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Juara Thailand Masters

Minggu, 26 Januari 2020 09:32 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© getty images
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle sukses menembus final Thailand Masters 2020. Tanpa kehadiran wakil Malaysia, peluang juara mereka jadi semakin besar. Copyright: © getty images
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle sukses menembus final Thailand Masters 2020. Tanpa kehadiran wakil Malaysia, peluang juara mereka jadi semakin besar.

INDOSPORT.COM - Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle sukses menembus final Thailand Masters 2020. Tanpa kehadiran wakil Malaysia, peluang juara mereka jadi semakin besar.

Jadi satu-satunya wakil Indonesia tersisa di babak semifinal, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle mampu membuktikan kualitasnya dengan terus melaju ke babak final Thailand Masters 2020.

Kepastian itu didapat setelah dengan susah payah mereka sukses mengalahkan pasangan ganda campuran Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, dalam pertandingan tiga set di semifinal, 21-19, 21-23 dan 21-17.

Di final yang akan berlangsung hari ini, Minggu (26/01/20) Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle sudah ditunggu pasangan asal Inggris Marcus Ellis/Lauren Smith, yang di semifinal juga sukses mengalahkan wakil Malaysia, Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai.

Kesempatan Besar Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Buat Juara

Tersingkirnya Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai dari Marcus Ellis/Lauren Smith di semifinal secara tidak langsung menjadi berkah tersendiri buat Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle.

Tanpa mengecilkan kualitas pasangan asal Inggris itu, dengan tidak adanya wakil Malaysia, peluang juara Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle akan semakin besar.

Setidaknya dalam dua tahun terakhir gelaran Thailand Masters selalu bisa dimenagkan oleh pasangan ganda campuran Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Selain itu, dibanding Marcus Ellis/Lauren Smith,  andai lolos ke final, potensi Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai untuk menyulitkan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle juga rasanya akan lebih besar.

Didukung gengsi bulutangkis dua negara dan pertemuan yang lebih sering, Soon Huat/Shevon Jemie Lai  bisa menjadi lawan yang lebih sulit untuk Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle. 

Apalagi, pasangan Malaysia itu juga pernah sekali mengalahkan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle kala berhadapan di Indonesia Open 2018 silam. 

Meski di dua pertemuan setelahnya, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle lah yang keluar sebagai pemenang. Hasil itu paling tidak bisa jadi tolok ukur yang lebih baik dibandingkan Marcus Ellis/Lauren Smith yang baru sekali berhadapan dengan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle, dengan hasil kekalahan.

Status unggulan juga bisa menjadi tolok ukur keuntungan lainnya. Meski tak juga serta merta jadi acuan di atas lapangan nanti, status Marcus Ellis/Lauren Smith yang hanya unggulan keenam Thailand Masters, dibandingkan Goh Soon Huat/Shevon Jemie yang merupakan unggulan ketiga. Secara tidak langsung bisa membuat Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle yang merupakan unggulan keempat ada di posisi yang lebih menguntungkan saat ini.

Dengan segala keuntungan yang didapat, harapan publik bulutangkis Indonesia tentu gelar juara Thailand Masters 2020 bisa didapat Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle nanti. 

Karena selain sebagai gelar satu-satunya dari Thailand Masters tahun ini, gelar juara tersebut juga menjadi penting sebagai yang pertama buat sektor ganda campuran Indonesia sepanjang sejarah turnamen BWF Super 300 tersebut.