Termasuk Carolina Marin, 3 Pebulutangkis Eropa Siap Menggebrak di Tahun 2020

Minggu, 26 Januari 2020 02:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Termasuk Carolina Marin, 3 pebulutangkis Eropa siap menggebrak di tahun 2020. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Termasuk Carolina Marin, 3 pebulutangkis Eropa siap menggebrak di tahun 2020.

INDOSPORT.COM – Memasuki tahun 2020, nampaknya perkembangan dunia bulutangkis tak lagi didominasi oleh pemain Asia, sebab sejumlah atlet Eropa pun sudah mulai unjuk gigi.

Hubungan bulutangkis dan Eropa memang terbilang sangat erat, sebab bulutangkis sendiri lebih dulu tenar di Eropa dibandingkan Asia. Olahraga ini sudah dimainkan masyarakat Inggris sekitar abad 17 silam.

Bahkan, turnamen bulutangkis paling bergengsi dan tertua di dunia juga berasal dari Inggris, yakni All England. Kompetisi ini sudah ada sejak 4 April 1899 dan hingga kini masih terus menjadi ajang bergengsi para pebulutangkis top dunia.

Namun dalam beberapa dekade terakhir, wakil Eropa seakan kalah saing dengan para pemain bulutangkis Asia, sebut saja trio China-Jepang-Indonesia yang saat ini mendominasi di papan atas dunia.

Memasuki tahun 2020, para pemain Eropa mulai mengeluarkan performa terbaiknya, dan sejumlah pemain sudah membuktikannya di ajang Malaysia Masters, Indonesia Masters, serta Thailand Masters yang saat ini masih berlangsung.

Berikut INDOSPORT merangkum tiga pebulutangkis Eropa yang siap menggebrak di tahun 2020.

1. Carolina Marin

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Carolina Marin melaju ke final Indonesia Masters 2020. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTCarolina Marin melaju ke final Indonesia Masters 2020.

Siapa yang tak kenal Carolina Marin, pebulutangkis tunggal putri asal Spanyol yang sempat menduduki peringkat satu dunia pada 2015 lalu.

Meski sempat menepi karena cedera ACL dan harus turun hingga saat ini masih tertahan di peringkat kesepuluh, namun Carolina Marin sudah membuat perjalanan yang cukup apik di tahun 2020.

Peraih medali emas Olimpaide Brasil 2016 itu melaju ke semifinal Malaysia Masters 2020, menjadi runner up Indonesia Masters 2020, dan kali ini masih meraih tempat di semifinal Thailand Masters 2020.

2. Viktor Axelsen

 
© Shi Tang/Getty Images
Viktor Axelsen ungkap kebahagiaan tampil di Denmark Open di kampung halamannya. Copyright: Shi Tang/Getty ImagesViktor Axelsen ungkap kebahagiaan tampil di Denmark Open di kampung halamannya.

Dari nomor tunggal putra, satu pemain Eropa yang paling diperhitungkan adalah Viktor Axelsen. Pebulutangkis asal Denmark itu kokoh di tiga besar terbaik dunia, dan pencapaian terbaiknya sebagai peringkat pertama tunggal putra di tahun 2017 lalu.

Mengawali tahun 2020, Viktor Axelsen sudah menjadi runner up Malaysia Masters, kemudian terhenti di semifinal Indonesia Masters karena kalah dari Anthony Sinisuka Ginting.

Sejauh ini, atlet 26 tahun itu mendapat start yang bagus, dan siap bersaing ke Olimpaide Tokyo 2020.

3. Maiken Fruergaard/Sara Thygesen

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Greysia Polii/Apriyani Rahayu foto bersama Maiken Fruergaard/Sara Thygesen Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTGreysia Polii/Apriyani Rahayu foto bersama Maiken Fruergaard/Sara Thygesen

Nama atlet asal Denmark ini memang kurang familiar. Namun, di titik itulah Maiken Fruergaard dan Sara Thygesen akan menggebrak dunia bulutangkis, khususnya di sektor ganda putri.

Fruergaard/Thygesen memang tak diunggulkan di tahun 2020, sebab keduanya hanya menghuni peringkat ke-20 dunia. Bahkan, pasangan Denmark itu tumbang di babak pertama Malaysia Masters 2020.

Namun, siapa sangka jika Fruergaard/Thygesen justru menjadi kuda hitam di Indonesia Masters 2020, dan sukses meraih posisi runner up usai menyulitkan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Menarik untuk menantikan performa Maiken Fruergaard/Sara Thygesen di turnamen-turnamen bulutangkis dunia selanjutnya.