Tergabung dengan Thailand, Bagaimana Peluang Tim Putri Indonesia di Badminton Asia Team Championships?

Jumat, 31 Januari 2020 19:04 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tim beregu putri bulutangkis Indonesia akan tergabung satu grup dengan Thailand di Badminton Asia Team Championships 2020. Bagaimana peluangnya? Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tim beregu putri bulutangkis Indonesia akan tergabung satu grup dengan Thailand di Badminton Asia Team Championships 2020. Bagaimana peluangnya?

INDOSPORT.COM - Tim beregu putri bulutangkis Indonesia akan tergabung satu grup dengan Thailand di Badminton Asia Team Championships 2020. Bagaimana peluangnya?

Tergabung dalam Grup Y Badminton Asia Team Championships 2020, tim beregu putri Indonesia harus bersaing dengan tim kuat Asia Tenggara, Thailand untuk mengunci posisi sebagai juara grup. Selain juga ada Filipina sebagai tim kuda hitam.

Melihat komposisi tim yang mengisi grup Y Badminton Asia Team Championships 2020, memang tak berlebihan jika nama Filipina dikesampingkan. Hingga meninggalkan Indonesia dan Thailand sebagai pesaing untuk merebutkan tempat utama.

Indonesia Bisa Juara Grup

Dengan Thailand sebagai pesaing utama, posisi Indonesia menjadi tidak mudah untuk bisa lolos ke babak berikutnya sebagai juara grup.

Sebab jika melihat catatan pebulutangkis putri Thailand saat ini, prestasi mereka bisa mengungguli wakil-wakil Indonesia. 

Namun sedikit menjadi kabar baik, sebab mereka akan turun di Badminton Asia Team Championships 2020 nanti tanpa tunggal putri terbaiknya, Ratchanok Intanon.

Dengan itu posisi menjadi cukup menguntungkan buat Indonesia. Setidaknya dengan bekal catatan di mana wakil-wakil Indonesia yang akan tampil nanti, punya keunggulan head to head melawan wakil Thaialnd di Badminton Asia Team Championships 2020.

Dari sektor tunggal putri misalnnya, pemaina andalan Indonesia Gregoria Mariska Tunjung, punya keunggulan head to head dengan dua tunggal putra terbaik Thailand yang akan tampil di Badminton Asia Team Championships 2020, Busanan Ongbamrungphan dan Nitchaon Jindapol.

Melawan  Busanan Ongbamrungphan, Gregoria Mariska Tunjung unggul head to head 3-2. Dan melawan Nitchaon Jindapol, pebulutangkis peringkat 24 dunia itu unggul head to head 2-1.

Dari sektor ganda putri pun Indonesia bisa berharap banyak dari pasangan Greysia Polli/Apriyani Rahayu. Bermodal gelar juara di Indonesia Masters 2020, Greysia Polli/Apriyani Rahayu juga punya modal meyakinkan keunggulan head to head 4-1 atas pasangan ganda putri terbaik Thailand Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

Dengan setidaknya modal seperti di atas, meski tak mudah, potensi Indonesia untuk bisa lolos dari Grup Y Badminton Asia Team Championships 2020 sebagai juara grup jelas sangat terbuka. 

Kuncinya tinggal bagaimana nanti strategi susunan pemain bisa disusun dengan baik oleh tim pelatih dan para pemain juga bisa menunjukkan kemampuan optimalnya di atas lapangan Rizal Memorial Coliseum, tempat Badminton Asia Team Championships 2020 berlangsung mulai 11 Februari nanti.