Gara-gara Virus Corona, Tim Korea Batal Daftar Malaysia Open 2020?

Kamis, 13 Februari 2020 14:34 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© HUMAS PBSI
Gara-gara wabah virus Corona, tim bulutangkis Korea Selatan batal daftar di turnamen Malaysia Open 2020? Copyright: © HUMAS PBSI
Gara-gara wabah virus Corona, tim bulutangkis Korea Selatan batal daftar di turnamen Malaysia Open 2020?

INDOSPORT.COM - Gara-gara wabah virus Corona yang mematikan, tim bulutangkis Korea Selatan batal daftar di turnamen Malaysia Open 2020?

Dilansir dari situs olahraga The Star, pemerintah Korea Selatan memang mengimbau warganya untuk tidak melakukan perjalanan jauh ke Malaysia karena wabah virus Corona yang semakin meresahkan.

Setidaknya Malaysia menjadi satu di antara 6 negara Asia selain Jepang, Chinese Taipei, Thailand, Vietnam dan Singapura yang terdafatar dalam travel advisory yang dikeluarkan pemerintah Korea Selatan pada Selasa (11/02/20) lalu.

Akibat dari larangan yang dikeluarkan oleh pemerintah Korea Selatan tersebut Asosiasi Bulutangkis Korea (BKA) diketahui belum melakukan pendaftaran di turnamen Malaysia Open 2020 yang akan digelar pada 31 Maret - 5 April mendatang.

"Kami belum mendengar apa pun dari rekan-rekan kami di BKA (Badminton Korea Association). Tenggat waktu masuk adalah Selasa depan (18 Februari), kita akan tahu pada saat itu, ” ujar sekretaris Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Kenny Goh.

Kenny Goh berujar kalau sebenarnya untuk masalah virus Corona seharusnya tidak perlu menjadi kekhawatiran besar pemerintah Korea, karena turnamen juga masih baru akan dilangsungkan sekitar enam minggu lagi.

"Saya tidak berpikir ada alasan untuk khawatir. Ini hanya penasihat perjalanan dan juga turnamen ini masih sekitar enam minggu lagi,"

"Kecuali jika situasinya memburuk, saya tidak melihat alasan mengapa orang Korea dan orang asing lainnya tidak datang ke Malaysia," lanjutnya.

Terakhir, Kenny Goh berujar kalau turnamen Malaysia Open 2020 akan menjadi turnamen yang penting mengingat turnamen ini menjadi bagian dari BWF World Tour Super 750 dan masih menjadi bagian dari Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

"Ini adalah acara dengan peringkat Super 750 (tingkat tertinggi kedua di Tur Dunia) dan salah satu dari beberapa pertemuan terakhir sebelum kualifikasi Olimpiade berakhir pada 30 April," pungkasnya.

Wabah virus Corona memang menyita banyak perhatian karena banyaknya nyawa yang telah terenggut akibat virus tersebut. Bahkan, timnas Hong Kong dan China harus mundur dari turnamen Badminton Asia Team Championships 2020 karena terganjal larangan pemerintah Filipina.