Pelatih Ganda Campuran Konfirmasi Isu Pensiun Tontowi Ahmad

Selasa, 25 Februari 2020 00:02 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
© Theresia Simanjuntak/INDOSPORT
Pelatih Ganda Campuran Konfirmasi Isu Pensiun Tontowi Ahmad Copyright: © Theresia Simanjuntak/INDOSPORT
Pelatih Ganda Campuran Konfirmasi Isu Pensiun Tontowi Ahmad

INDOSPORT.COM - Pelatih ganda campuran, Richard Mainaky konfirmasi isu pensiun pebulutangkis andalan Indonesia, Tontowi Ahmad.

Kabar mundurnya Tontowi Ahmad sendiri belakangan ramai diperbincangkan, salah satu faktornya adalah performa pebulutangkis yang akrab dipanggil Owi itu tidak kunjung membaik pasca berpisah dari Liliyana Natsir awal Januari 2019 silam.

Sempat berpasangan dengan Winny Oktavina Kandow, namun duet pebulutangkis tersebut belum bisa menunjukkan performa terbaik dan hanya bisa bertahan di peringkat 15 dunia.

Tontowi kembali tukar pasangan dan kali ini dengan Apriyani Rahayu yang sejatinya pemain di sektor ganda putri. Sempat tampil di Indonesian Masters 2020, namun Owi gagal melangkah jauh dan harus terhenti di babak kedua.

Kurang impresifnya para pengganti Liliyana Natsir sebagai tandem Tontowi Ahmad di nomor ganda campuran, membuat pebulutangkis kelahiran Banyumas ini dikabarkan bakal segera pensiun akhir tahun nanti.

Pelatih ganda campuran, Richard Mainaky bahkan membenarkan kabar pensiun Tontowi Ahmad tersebut, namun dirinya tidak bisa menjelaskan secara detail lantaran keinginan pensiun Tontowi Ahmad baru secara lisan dan belum resmi.

"Penyampaian (rencana pensiun) owi baru melalui WA (WhatsApp), jadi belum secara lisan dan resmi. Jadi belum bisa saya jelaskan alasannya secara detail," ucap Richard Mainaky kepada INDOSPORT.

Tontowi Ahmad sendiri sejatinya sempat batal tampil dalam salah satu event BWF tahun ini, tepatnya di ajang Barcelona Spain Masters 2020.

Melansir dari laman Antara, keputusan tersebut diambil lantaran Tontowi Ahmad dikabarkan mengalami gejala tifus sejak awal Februari lalu dan harus menjalani masa pemulihan yang cukup lama.

Absennya Tontowi Ahmad, menggagalkan usaha mereka untuk mendobrak peringkat BWF di Spain Masters 2020. Saat ini pasangan Tontowi/Apriyani masih berada di 272 dunia usai tampil di Indonesia Masters 2020 beberapa waktu lalu.