Menakar Peluang Tunggal Putra Indonesia di All England: Bisa Apa Usai Gagal Total Tahun Lalu?

Sabtu, 7 Maret 2020 07:39 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Coro Mountana
© Ilustrasi/INDOSPORT
Gagal total tahun lalu, Anthony Ginting, Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto akan kembali menjadi harapan Indonesia di sektor tunggal putra All England 2020. Bisa sejauh apa mereka? Copyright: © Ilustrasi/INDOSPORT
Gagal total tahun lalu, Anthony Ginting, Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto akan kembali menjadi harapan Indonesia di sektor tunggal putra All England 2020. Bisa sejauh apa mereka?

INDOSPORT.COM - Gagal total tahun lalu, Anthony Ginting, Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto akan kembali menjadi harapan Indonesia di sektor tunggal putra All England 2020. Bisa sejauh apa mereka?

Tahun lalu di All England 2019, tunggal putra Indonesia gagal total, setelah Anthony Ginting dan Jonatan Christie tersingkir di putaran kedua dan Tommy Sugiarto kalah di babak perempatfinal.

Namun, dengan tiga nama yang sama, harapan kembali diberikan bulutangkis Indonesia untuk ketiga nama tunggal putra terbaik tanah air itu di All England 2020. Selain itu, ada juga Shesar Hiren Rhustavito sebagai kuda hitam.

Peluang Tunggal Putra

Jika melihat perkembangan dalam setahun ke belakang, optimisme rasanya layak untuk dilambungkan kepada Anthony Ginting, Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto.

Anthony Sinisuka Ginting

Terlebih buat Anthony Ginting, yang di awal tahun 2020 ini sudah bisa menunjukan prestasi yang luar biasa. Juara di Indonesia Masters dan Badminton Asia Team Championship setelahnya.

Dengan catatan itu, status Anthony Ginting pun bisa menungguli Jonatan Christie sebagai unggulan keempat di All England. Dengan status tersebut, membuat Anthony Ginting berada di section kedua undian tunggal putra.

Posisi di mana dirinya mendapatkan lawan, yang secara status tak lebih baik darinya. Lawan terberat Ginting boleh dikatakan hanya Anders Antonsen yang merupakan unggulan kelima yang ada sebagai lawan terkuat.

© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Anders Antonsen (Denmark) mengalahkan Jonatan Christie di perempatfinal Indonesia Masters 2020. Copyright: Roihan Susilo Utomo/INDOSPORTAnders Antonsen (Denmark) mengalahkan Jonatan Christie di perempatfinal Indonesia Masters 2020.

Dengan kondisi tersebut, maka sangat mungkin Anthony Ginting untuk minimal melaju ke babak perempatfinal. Bertemu Anders Antonsen.

Diperempatfinal itu juga, dengan agregat keunggulan 3-0, besar kemungkinan Anthony Ginting terus bisa melaju ke semifinal.

Di mana dirinya bisa berhadapan dengan tunggal putra Chinese Taipei Chou Tien Chen. Melawan ungggulan pertama All England, meski tak mudah, peluang Anthony Ginting untuk memang masih terbuka dengan berbekal keunggulan agregat 6-5.

Dengan hitungan tersebut, maka paling tidak Anthony Ginting akan bisa minimal sampai di final All England 2020, untuk bersaing menjadi juara nantinya.

Jonatan Christie

© Humas PBSI
Tunggal Putra Indonesia, Jonatan Christie di final Badminton Asia Team Championship 2020. Copyright: Humas PBSITunggal Putra Indonesia, Jonatan Christie di final Badminton Asia Team Championship 2020.

Sementara itu, Jonatan christie dengan status unggulan keenamnya berada pada posisi yang tak menguntungkan.

Di putaran pertama saja, Jojo -sapaan akrabnya- sudah harus bersua tunggal putra Malaysia Lee Zii jia. Begitupun di putaran kedua, kala tunggal putra Thailand, Kantaphon Wangcharoen kemungkinan akan menjadi lawannya.

Dan jika bisa terus melaju, unggulan ketiga All England, Chen Long akan menjadi lawannya. Dengan kondisi Jonatan Christie yang belum optimal di tahun ini dan agregat yang berpihak jauh untuk Chen Long, 8-0. Rasanya paling mungkin Jonatan Christie hanya bisa melaju hingga perempatfinal All England 2020.

Tommy Sugiarto

Untuk Tommy Sugiarto, tanpa mengecilkan capaiannya tahun lalu. rasannya sangat berat untuknya bisa berbicara banyak di tahun ini.

Di putaran pertama saja, unggulan ketujuh, Shi Yu Qi sudah menghadangnya. Dengan agregat tertinggal 1-2. Tommy tentu berada dalam posisi yang jauh tak diunggulkan.

Selain itu dengan keberadaan unggulan kedua Viktor Axelsen di section yang sama, kalaupun bisa mengejutkan. Rasanya berat buat Tommy Sugiarto untuk melampaui torehannya tahun lalu, yang terhenti di perempatfinal turnamen bulutangkis All England 2019.