In-depth

Lawan Malaysia di Perempatfinal All England, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon Harus Belajar dari Jonatan Christie

Jumat, 13 Maret 2020 15:46 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
© Shi Tang/Getty Images
Kevin Sanjaya/Marcus Gideon akan menghadapi wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik di perempatfinal All England 2020. Mereka harus berlajar dari Jonatan Christie. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Kevin Sanjaya/Marcus Gideon akan menghadapi wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik di perempatfinal All England 2020. Mereka harus berlajar dari Jonatan Christie.

INDOSPORT.COM - Kevin Sanjaya/Marcus Gideon akan menghadapi wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik di perempatfinal All England 2020. Mereka harus berlajar dari Jonatan Christie.

Datang ke turnamen bulutangkis All England 2020 sebagai unggulan pertama sektor ganda putra, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon  hingga kini belum terbendung untuk terus melaju ke perempatfinal.

Kendati mereka sempat harus susah payah bertanding tiga set di putaran pertama melawan wakil Canada Ho-shue/Nyl Kiyoshi, 21-18, 20-22 dan 21-14.

Di babak perempatfinal yang berlangsung hari ini, (13/03/20), Kevin Sanjaya/Marcus Gideon harus berhadapan melawan wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Buat Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, di atas kertas Aaron Chia/Soh Wooi Yik jelas adalah lawan yang akan sangat mudah untuk mereka lalui.

Tercermin jelas dari catatan enam pertemuan mereka dengan pasangan peringkat 10 dunia itu sebelumnya. Tak satupun kemenangan lepas dari genggaman Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Terakhir, duet berjuluk The Minios itu sukses melumat Aaron Chia/Soh Wooi Yik dua seta langsung 22-20 dan 21-16 di Badminton Asia Team Championship 2020, Bulan lalu.

Namun dengan peringkat dunia yang sebenarnya cukup bagus, Aaron Chia/Soh Wooi Yik jelas masih memiliki potensi untuk mengejutkan. Terlebih di turnamen All England 2020 ini, sudah terjadi kejutan wakil Malaysia mengalahkan pemain unggulan asal Indonesia.

Itu terjadi di putaran pertama sektor tunggal putra. Ketika pebulutangkis Indonesia unggulan keenam All England 2020 Jonatan Christie, bertekuk lutut dari tunggal putra Malaysia Lee Zii Jia, 15-21 dan 13-21.

Menjadi sebuah kejutan, karena sebelum pertandingan dimulai, sama seperti Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, Jonatan Christie juga datang dengan modal selalu menang dari lawannya asal Malaysia itu.

Pria yang akrab disapa Jojo itu bisa mengalahkan Lee Zii Jia dalam tiga pertemuan sebelumnya, bahkan dalam dua pertandingan sebelumnya, Jojo selalu bisa mengalahkan Le Zii Jia dua set langsung.

Namun dengan peringkat ke-13 dunia yang disandangnya kini, Lee Zii Jia akhirnya bisa menyulitkan Jonatan Christie di putaran pertama All England 2020. Untuk akhirnya meraih kemenangan untuk pertama kali, dua set langsung 21-15 dan 21-13.

Berkaca pada apa yang dialami Jonatan Christie saat melawan Lee Zii Jia, maka sudah sepatutnya Kevin Sanjaya/Marcus Gideon bisa mengambil pelajaran.

Karena bukan hanya berkaca pada rekor pertemuan, namun jika melihat peringkat calon lawannya di perempatfinal All England 2020 Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Peringkatnya juga tak jauh beda dengan pebulutangkis Tunggal Putra Malaysia Lee Zii Jia, yang bisa mengalahkan Jonatan Christie untuk pertama kali dalam sejarah.

Dengan hal tersebut harapannya tentu, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon tak mengulang kesalahan yang sama seperti yang dibuat Jonatan Christie di All England 2020. Takluk dari pebulutangkis Malaysia, yang sebelumnya selalu bisa mereka kalahkan.