Mengenang Kembali Perang Saudara Indonesia di India Open Tahun Lalu, Pembuka Jalan Menuju Juara

Sabtu, 28 Maret 2020 18:24 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Mark Phelan/Badminton Photo
Ganda putri Indonesia Greysia Polii Apriyani Rahayu berlaga di India Open 2019, Minggu (31/03/19). Copyright: © Mark Phelan/Badminton Photo
Ganda putri Indonesia Greysia Polii Apriyani Rahayu berlaga di India Open 2019, Minggu (31/03/19).

INDOSPORT.COM – Perang saudara sesama wakil Indonesia Greysia Polli/Ariyani Rahayu vs Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah terjadi di semifinal India Open 2019 tahun lalu.

Jika akhirnya tidak ditunda akibat merebaknya virus corona di seluruh dunia, hari ini, Sabtu (28/03/20) seharusnya sedang berlangsung semifinal turnamen bulutangkis India Open 2020.

Namun seperti yang diketahui, India Open 2020 akhirnya menjadi rangkaian BWF World Tour 2020 yang juga harus mengalami penundaan akibat pandemi virus corona.

Sehingga tak ada semifinal India Open 2020 yang bisa disaksikan hari ini. Tak ada pula pertandingan menarik seperti yang terjadi tahun lalu di turnamen yang sama. Ketika terjadi perang saudara sesama wakil Indonesia Greysia Polli/Ariyani Rahayu vs Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah.

India Open 2019

Saat itu, Greysia Polli/Ariyani Rahayu yang menjadi unggulan pertama di sektor ganda putri India Open 2019 begitu menunjukan penampilan luar biasa. Tak ada satupun pasangan, yang bisa mencuri satu game pun dari mereka sejak putaran pertama hingga perempatfinal India Open 2019.

Hingga akhirnya muncul kompatriotnya sendiri sesama wakil Indonesia, Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah di semifinal.

Tak seperti Greysia Polli/Ariyani Rahayu, Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah saat itu bukan sama sekali pasangan yang diunggulkan di India Open 2019.

Namun mereka bisa mengejutkan sejak putaran pertama. Kala unggulan ketujuh yang juga dari Indonesia, Ni Ketut Mahadewi/Rizki Amelia, bisa mereka buat tak berdaya. Dalam kemenangan meyakinkan dua set 21-16 dan  21-18.

Setelahnya, di perempat final Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah juga kembali bisa menunjukkan kejutan luar biasa. Ketika pasangan unggulan empat asal Malaysia Vivian Hoo/Yap Cheng Wen, juga mereka buat tak berdaya. Laga sengit tiga set itu berakhir 16-21, 21-14 dan 21-12.

Keberhasilan itu juga yang kemudian membuat Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah bisa menantang Greysia Polli/Ariyani Rahayu di semifinal India Open 2019.

Greysia Polli/Ariyani Rahayu vs Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah

Sebagai pasangan yang tak diunggulkan, Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah sempat membuat Greysia Polli/Ariyani Rahayu harus ekstar waspada di awal set pertama. Dimana mereka bisa terus menjaga poin ketat, hingga kedudukan 5-7.

Sayang, setelah lima poin yang bisa didapat, Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah tak bisa lagi membendung dominasi Greysia Polli/Ariyani Rahayu yang akhirnya menang mudah di set pertama 21-9.

Tak berdaya di set pertama, rupanya Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah belum mau menyerah begitu saja. Di set kedua mereka bisa bangkit, dan dengan luar biasa memberikan perlawanan hingga sempat unggul 18-14.

Namun lagi-lagi kualitas Greysia Polli/Ariyani Rahayu bisa mengejutkan. Dengan mengejar poin, hingga kedudukan sama kuat 19-19.

Di skor imbang itulah akhirnya, konsentrasi penuh Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah menjadi penentu. Memanfaatkan kelengahan Apriyani Rahayu, mereka bisa mengunci kemenangan 21-19, untuk memaksa set ketiga dimainkan.

Buat Greysia Polli/Ariyani Rahayu di India Open 2019 itu, Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah adalah pasangan pertama yang bisa memaksakan mereka harus bermain hingga set ketiga. Setelah sebelumnya selalu bisa menang dengan dua set langsung.

Di set ketiga itu kualitas Greysia Polli/Ariyani Rahayu akhirnya yang menjadi penentu. Pengalaman dan kondisi fisik yang tampak lebih prima, membuat Greysia Polli/Ariyani Rahayu dengan mudahnya menyudahi pertandingan melawan Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah.

Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah hanya diberikan kesempatan untuk mendulang lima poin. Di saat Greysia Polli/Ariyani Rahayu bisa menuntaskan 21 poin penuh dengan cukup cepat.

Perang saudara sesama pebulutangkis Indonesia Greysia Polli/Ariyani Rahayu vs Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah pun berakhir. Kemenangan yang diperoleh Greysia Polli/Ariyani Rahayu itu juga yang membuat langkah mereka untuk membawa pulang juara India Open 2019 terwujud pada akhir turnamen.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%