Media Amerika Serikat Soroti Akhir Tragis Persaingan Lee Chong Wei dan Lin Dan

Jumat, 3 April 2020 20:21 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Persaingan antara dua tunggal putra Lee Chong Wei dari Malaysia dan Lin Dan dari China selama dua dekade terakhir mendapatkan sorotan dari media terkenal Amerika Serikat Fox Sports. Fox Sports edisi Australia memberikan ulasan mengenai persaingan kedua legenda bulutangkis itu yang punya akhuir tragis,

Menurut Fox Sports Australia, Lee Chong Wei sudah mempunyai 69 gelar juara tunggal putra di kompetisi bulutangkis bergengsi, sementara Lin Dan memiliki 66 gelar juara.

Lin Dan pernah meraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012 sementara Lee Chong Wei yang satu tahun lebih tua dari Lin Dan menutup kariernya hanya dengan tiga raihan medali perak pada Olimpiade Beijing 2008, Olimpiade London 2012, dan Olimpiade Rio 2016.

Persaingan antara kedua pebulutangkis itu pun diibaratkan seperti rivalitas antara dua musuh bebuyutan Barcelona dan Real Madrid di Liga Spanyol.

Akhirnya persaingan sehat mereka pun harus berakhir ketika Lee Chong Wei di vonis kanker hidung tahun 2018 dan harus gantung raket pada awal tahun 2019. Sejak saat itu, Lee Chong Wei tak lagi bermain di semua turnamen, karena bahunya juga tidak cukup kuat untuk menahan tekanan dari porsi latihan. 

Lin Dan yang kehilangan sosok rival sekaligus teman sepanjang kariernya pun ikut bersedih dengan keputusan pensiun Chong Wei. 

"Saya sendirian sekaranhg, tak ada lagi yang menemani di lapangan," tulis Lin Dan di akun Weibo miliknya sembari mengunggah video lagu berjudul My Friend Don't Cry.