Ada dari Indonesia, 5 Pebulutangkis Terbaik Dunia Bertangan Kidal

Selasa, 7 April 2020 15:49 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Termasuk Lin Dan dan Kento Momota, terdapat setidaknya ada lima pebulutangkis kelas dunia yang bertangan kidal. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Termasuk Lin Dan dan Kento Momota, terdapat setidaknya ada lima pebulutangkis kelas dunia yang bertangan kidal.

INDOSPORT.COM - Dominan menggunakan tangan kiri bukanlah sebuah kekurangan. Sebaliknya, orang yang dominan dengan dengan kidal merupakan sebuah keunikan .

Dalam dunia olahraga, khususnya bulutangkis, tak sedikit para atlet yang menggunakan tangan kiri dalam memegang raket. Tak kalah dari para pebulutangkis tangan kanan yang dominan, para pebulutangkis kidal juga bisa berprestasi dan menjadi legenda. 

Mulai dari Carolina Marin sampai Lin Dan, para pebulutangkis kidal tak pernah kehilangan pamornya. Pebulutangkis kidal memiliki keunggulan dalam mengecoh arah bola yang sering tak disadari pebulutangkis bertangan kanan. 

Termasuk Lin Dan, terdapat setidaknya ada lima pebulutangkis kelas dunia yang bertangan kidal. Berikut ulasannya. 

1. Carolina Marin

Carolina Marin merupakan salah satu pebulutangkis tunggal putri terbaik dunia saat ini. Atlet asal Spanyol itu diketahui merupakan pebulutangkis bertangan kidal. 

Carolina Marin kembali lagi ke performa terbaiknya setelah mengalami cedera panjang sejak awal tahun. Sepanjang karier, Marin telah mendapatkan banyak gelar bergengsi mulai dari Olimpadei 2016, Japan Open, All england, Malaysia Open, dan bahkan sempat ada di tiga besar terbaik dunia. 

2. Lin Dan

Siapa yang tak kenal Lin Dan? Jauh sebelum Kento Momota mendominasi tunggal putra, dunia bulutangkis pernah memiliki seorang legenda bernama Lin Dan. 

Pebulutangkis asal China itu jadi atlet tepok bulu paling tersukses sepanjang sejarah bulutangkis tunggal putra dunia. Semua gelar paling bergengsi telah diraih olehnya termasuk dua kali beruntun merebut emas Olimpiade. 

Kehebatan Lin Dan ini terletak pada kekuatan tangan kirinya yang begitu powerfull. Lin Dan pun jadi pebulutangkis kidal terbaik yang pernah ada di dunia 

3.  Mathias Boe

Pebulutangkis ganda putra Denmark, Mathias Boe, juga diketahui seorang bertangan kidal. Pemain yang berpasangan dengan Carsten Morgensen ini cukup diperhitungkan di percaturan bulutangkis dunia. 

Bersama Morgensen, ia pernah menjuarai Kejuaraan Eropa dan sejumlah super series seperti Korea Open, Singapore Open, dan French Open. Bahkan, Mathias Boe pernah dua kali menjadi juara All England.  

4. Flandy Limpele

Pecinta bulutangkis nasional pasti mengenal nama Flandy Limpele. Limpele pernah berjaya kala dipasangkan dengan Vita Marissa sebagai ganda campuran dan juga dengan Eng Hian di nomor ganda putra. 

Bersama Vita dan Eng Hian, pebulutangkis bertangan kidal ini pernah meraih sejumlah gelar bergengsi seperti French Open, Singapore Open, Japan Open, Denmark Open, Malaysia Open, serta menjadi runner-up di All England dan Indonesian Open 

5. Kento Momota

Kento Momota menjadi sensasi bulutangkis tunggal putra di era saat ini. Pebulutangkis asal Jepang ini merupakan pemain ranking satu dunia. 

Sejumlah rekor berhasil diukirnya di antaranya merengkuh 11 gelar juara dalam satu tahun. Angka ini bahkan melebihi pencapaian legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chon Wei. 

Kehebatannya di lapangan tak terlepas dari kekuatan tangan kirinya yang sangat luar biasa. Sebagai pemain bertangan kidal, ia memiliki akurasi dan kekuatan smash yang luar biasa.