2 Ganda Campuran Indonesia yang Pernah Tempati Ranking Satu Dunia

Senin, 13 April 2020 06:04 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Rafif Rahedian
© Ezra Shaw/Getty Images
Nova Widianto/Liliyana Natsir menduduki peringkat satu dunia pada 2008 silam, sekaligus menjadi wakil Indonesia pertama di ganda campuran yang bisa meraihnya dalam 10 tahun terakhir. Copyright: © Ezra Shaw/Getty Images
Nova Widianto/Liliyana Natsir menduduki peringkat satu dunia pada 2008 silam, sekaligus menjadi wakil Indonesia pertama di ganda campuran yang bisa meraihnya dalam 10 tahun terakhir.

INDOSPORT.COM - Intip kisah ganda campuran badminton Indonesia yang pernah menempati ranking satu dunia BWF. Siapa sajakah mereka?

Meski 10 tahun terakhir ganda campuran Indonesia kurang begitu diandalkan dalam berbagai turnamen internasional, namun faktanya ada beberapa wakil Tanah Air yang pernah menempati ranking teratas BWF.

Sebagai informasi, peringkat satu ganda campuran BWF saat ini masih dipegang pasangan China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Keduanya telah bertengger di peringkat pertama selama dua tahun atau sejak 2018 silam.

Performa Zheng Siwei/Huang Yaqiong sendiri terbilang sangat impresif, di mana dalam dua tahun berturut mereka mampu menjuarai Kejuaraan Dunia pada 2018 dan 2019.

Dalam sembilan tahun terakhir, China selalu mendominiasi daftar peringkat satu dunia sektor ganda campuran dengan menyumbangkan berbagai wakil, mulai dari Zhang Nan/Zhao Yunlei, Xu Chen/Ma Jin, Zheng Siwei/Chen Qingchen hingga Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Walau sulit mengkudeta kedigdayaan China di nomor ganda campuran, namun ada dua wakil Indonesia yang pernah mengambil alih tahta peringkat satu dunia.

Adalah Liliyana Natsir, pebulutangkis yang mampu dua kali menduduki peringkat satu BWF sekaligus merusak dominasi China di nomor ganda campuran.

Hebatnya lagi, Liliyana Natsir melakukan kudeta bersama dua pasangan ganda campuran yang berbeda, yang pertama saat bersama Nova Widianto dan Tontowi Ahmad.

Saat berpasangan dengan Nova Widianto, ganda campuran tersebut mampu menjuarai berbagai gelar juara mulai dari medali emas SEA Games, Kejuaraan Asia hingga dua kali kampiun Kejuaraan Dunia.

Capaian tersebut membuat Nova Widianto/Liliyana Natsir menduduki peringkat satu dunia pada 2008 silam, sekaligus menjadi wakil Indonesia pertama di ganda campuran yang bisa meraihnya dalam 10 tahun terakhir.

Kegemilangan Liliyana Natsir terus berlanjut meski berganti pasangan dengan Tontowi Ahmad pada 2010 silam. Bahkan raihan dua gelar Kejuaraan Dunia di tahun 2013 dan 2017 telah menjadi bukti betapa tangguhnya pasangan ini.

Puncak kegemilangan keduanya terjadi pada 2018 lalu, setelah Federasi Badminton Dunia BWF secara resmi mengumumkan nama keduanya menjadi pasangan peringkat satu dunia.

Sebelumnya, pasangan yang akrab disapa Owi/Butet itu berada di ranking tiga dunia. Owi/Butet naik dua peringkat dan menjadi nomor satu dunia setelah berhasil melaju ke babak final Badminton Asia Championship 2018 (BAC 2018).

Owi/Butet mencatatkan 76.270 poin dan sukses menggeser pasangan asal Hongkong Chun Man Tang/Ying Suet Tse yang tergelincir ke posisi tiga dengan raihan 68.678 poin.

1