Tak Ada Indonesia, 3 Pebulutangkis Dunia dengan Gelar Terbanyak

Jumat, 1 Mei 2020 06:44 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
© BERITA HARIAN/Osman Adnan
Daftar tiga besar pebulutangkis dengan jumlah gelar terbanyak, ternyata tak sama sekali mencantumkan nama atlet Indonesia. Copyright: © BERITA HARIAN/Osman Adnan
Daftar tiga besar pebulutangkis dengan jumlah gelar terbanyak, ternyata tak sama sekali mencantumkan nama atlet Indonesia.

INDOSPORT. COM - Daftar tiga besar pebulutangkis dengan jumlah gelar terbanyak, ternyata tak sama sekali mencantumkan nama atlet Indonesia.

BWF setiap tahunnya pasti akan menggelar kompetisi yang menguji ketangguhan para pebulutangkis. Berulang kali berganti format, dari Super Series, Grand Prix, hingga World Tour, semua diadakan BWF demi memajukan olahraga bulutangkis di mata masyarakat internasional.

Para pebulutangkis ternama pun berusaha meraih prestasi setinggi mungkin dalam setiap ajang BWF. Semakin sering meraih gelar juara, kualitas diri tentu kian mentereng.

Indonesia selaku negara yang unggul dalam olahraga bulutangkis, tentu turut memeriahkan ajang-ajang bergengsi BWF. Paling terkini, ada Kevin Sanjaya/Marcus Gideon yang terus menguasai sektor ganda putra.

Namun uniknya, soal daftar perolehan gelar terbanyak, Indonesia masih jauh dari negara-negara lainnya. Setidaknya sedari rangkaian Super Series hingga World Tour 2019, cuma Liliyana Natsir saja yang paling bisa bersaing di posisi tujuh dengan 34 gelar.

Sementara posisi tiga teratas, pebulutangkis yang menguasai berasal dari Korea Selatan, Malaysia, dan China. Siapa sajakah mereka tiga besar pengoleksi gelar juara bulutangkis terbanyak?

Yu Yang

Mari mulai dari urutan nomor tiga, ada pebulutangkis putri China bernama Yu Yang. Sepanjang karierny, Yu Yang tercatat mengoleksi 50 gelar.

Yu Yang sendiri turun di dua nomor berbeda, ganda putri dan ganda campuran. Namun kalau soal kesuksesan, kiprah Yu Yang paling mentereng tentu dalam ganda putri, yang mana mampu meraih 36 gelar Super Series, serta lima gelar Grand Prix.

Benar, Yu Yang belum pernah menjuarai trofi World Tour. Sementara itu, sembilan gelar sisanya didapat Yu Yang dari enam kali juara ganda campuran Super Series, serta tiga kali juara ganda campuran Grand Prix.

Lee Chong Wei

Lee Chong Wei mungkin adalah rajanya tunggal putra dunia. Buktinya, dari daftar tiga besar pebulutangkis dengan jumlah gelar terbanyak, Lee Chong Wei jadi satu-satunya yang turun di nomor tunggal putra.

Kiprah atlet Malaysia ini menjadi pebulutangkis nomor dua dengan gelar terbanyak. Lee Chong Wei sepanjang kariernya total mengoleksi 57 trofi juara.

Paling banyak tercipta ketika era Super Series, Lee Chong Wei memenangkan 46 gelar. Sementara Grand Prix ada 10 gelar, dan sisanya satu gelar World Tour.

Lee Yong-dae

Pebulutangkis asal Korea Selatan ini mampu memuncaki daftar pebulutangkis dengan jumlah gelar terbayak. Sepanjang kariernya, setidaknya hingga World Tour 2019, Lee Yong-dae sudah mengoleksi 59 gelar juara.

Era Super Series, Lee Yong-dae mengumpulkan 43 gelar, rinciannya 37 dari ganda putra, dan enam berkat kiprah di ganda campuran.

Kalau era Grand Prix, Lee Yong-dae cuma dua kali memenangkan ganda campuran, beda jauh saat turun di nomor ganda putra yang mengoleksi 11 gelar. Terakhir, era World Tour, Lee Yong-dae bisa tiga kali menunstakan kompetisi sebagai jawara.