3 Pemain Badminton Wanita dengan Gelar Terlengkap dalam Sejarah

Senin, 4 Mei 2020 10:09 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Julian Finney/Getty Images
Sejumlah pemain badminton wanita internasional, mampu meraih kesuksesan dengan catatan gelar terlengkap. Copyright: © Julian Finney/Getty Images
Sejumlah pemain badminton wanita internasional, mampu meraih kesuksesan dengan catatan gelar terlengkap.

INDOSPORT. COM - Sejumlah pemain badminton wanita internasional, mampu meraih kesuksesan dengan catatan gelar terlengkap.

Bulutangkis, memang menjadi cabang olahraga yang tak memandang gender. Pria maupun wanita, punya hak yang sama untuk menggapai prestasi gemilang di pentas bulutangkis internasional.

Buktinya saja, ada tiga pemain badminton wanita yang kini mampu mencapai kesuksesan karier memukau. Mereka dianggap luar biasa karena berhasil mengumpulkan gelar terlengkap, dari berbagai ajang bergengsi.

Lalu, siapa saja para pemain badminton wanita yang dimaksudkan itu? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan berikut.

Zhao Yunlei

© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Caption Copyright: Ratno Prasetyo/INDOSPORTZhao Yunlei (kanan) bersama Zhang Nan saat menjuarai BWF World Championships.

Zhao Yunlei kini memang sudah tidak aktif lagi di kancah bulutangkis internasional. Pebulutangkis wanita asal China ini, memutuskan pensiun pada 2016 lalu.

Meski begitu, karier Zhao Yunlei tetap tercatat sebagai salah satu yang gemilang. Bahkan kalau mau dibandingkan dengan pebulutangkis wanita lainnya, Zhao Yunlei mampu meraih gelar terlengkap.

Pertama, kiprah Zhao Yunlei pernah menduduki peringkat satu dunia, baik dalam nomor ganda putri maupun ganda campuran. Permainannya pun sukses menggondol dua medali emas Olimpiade London 2012 dari dua nomor tersebut.

Kejuaraan dunia, juga jangan ditanya betapa hebatnya karier Zhao Yunlei dalam mengalahkan lawan-lawan. Total ada lima gelar yang berhasil dikoleksi Zhao Yunlei.

Era Super Series dan Grand Prix, karier Zhao Yunlei tentu dipenuhi banya koleksi medali emas. Belum lagi soal Kejuaraan Asia, Piala Uber, hingga Piala Sudirman, semua pernah dimenangkan Zhao Yunlei.

Gao Ling

© Julian Finney/Getty Images
Gao Ling (kiri) saat menjuarai All England 2007 bersama dengan Zheng Bo Copyright: Julian Finney/Getty ImagesGao Ling (kiri) saat menjuarai All England 2007 bersama dengan Zheng Bo

Gao Ling merupakan salah satu nama pebulutangkis wanita tersukses yang pernah ada. Atlet asal China ini mengoleksi gelar yang begitu banyak, dan lengkap dari berbagai ajang bergengsi.

Kiprah Gao Ling pernah menduduki peringkat satu dunia BWF dalam dua nomor, ganda putri dan ganda campuran. Medali emas Olimpiade, ditorehkan Gao Ling pada edisi 2000 Sydney, dan 2004 Athens.

Kejuaraan Dunia, ada empat medali emas yang dibawanya pulang. Piala Sudriman dan Piala Uber juga tak ketinggalan masuk ke lemari piala Gao Ling.

Era Grand Prix dan Super Series pun demikian. Permainan Gao Ling berulang kali menorehkan prestasi juara membanggakan.

Yu Yang 

© Stringer/Anadolu Agency/Getty Images
Yu Yang (kanan) bersama pasangannya, Tang Yuanting di Olimpiade Rio 2016 Copyright: Stringer/Anadolu Agency/Getty ImagesYu Yang (kanan) bersama pasangannya, Tang Yuanting di Olimpiade Rio 2016

Masih dari China, ada lagi pemain badminton wanita yang kariernya begitu gemilang. Dia adalah Yu Yang, atlet yang dulu pernah menduduki peringkat satu dunia BWF, di nomor ganda campuran dan ganda putri.

Soal gelar, Yu Yang juga tak kalah lengkap dari yang sebelumnya. Medali emas Olimpiade, ditorehkan Yu Yang pada edisi 2008.

Kejuaraan Dunia, ada tiga gelar yang berhasil dimenangkannya. Piala Sudirman dan Piala Uber, total ada tujuh piala yang ditorehkan Yu Yang.

Begitu pula era Super Series dan Grand Prix, kiprah Yu Yang mampu menghasilkan banyak sekali trofi juara. Pantas bila kemudian Yu Yang turut masuk ke daftar para atlet badminton wanita dengan gelar juara terlengkap versi INDOSPORT.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
9%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
27%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
9%
IDS Emoticon Takut
Takut
9%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
45%