5 Pebulutangkis Indonesia dengan Jumlah Gelar Terbanyak

Senin, 4 Mei 2020 17:23 WIB
Editor: Coro Mountana
© Getty Images
5 Pebulutangkis Indonesia dengan Jumlah Gelar Terbanyak. Copyright: © Getty Images
5 Pebulutangkis Indonesia dengan Jumlah Gelar Terbanyak.

INDOSPORT.COM – Berikut adalah 5 pebulutangkis Indonesia dengan jumlah gelar terbanyak sejak 2007 hingga 2019.

Tahun 2020 belum bisa dihitung dikarenakan turnamen bulutangkis belum sampai setengah jalan untuk musim ini. Gelar yang dihitung di sini mencakup level Super Series, Grand Prix, hingga BWF World Tour.

Satu hal mengejutkan dalam daftar tersebut, ternyata bukan pebulutangkis asal Indonesia yang sukses meraih gelar terbanyak. Catatan gelar terbanyak dipegang oleh ganda putra Korea Selatan, Lee Yong-dae dengan jumlah 59.

Meski begitu, tetap ada 5 pebulutangkis Indonesia yang masuk dalam daftar sebagai pemegang gelar terbanyak sejak 2007 hingga tahun lalu. Siapa saja mereka?

Liliyana Natsir

Banyak orang mengira jika Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon bakal jadi pebulutangkis Indonesia yang meraih gelar terbanyak, tapi ternyata anggapan itu salah. Justru ganda campuran Indonesia, Liliyana Natsir yang berhasil meraih gelar bulutangkis terbanyak.

Liliyana Natsir yang sempat berpasangan dengan Nova Widianto dan Tontowi Ahmad itu pernah memenangi turnamen bulutangkis dengan level Super Series sebanyak 23 kali, 10 Grand Prix dan sekali BWF World Tour. Secara total, jumlah gelar Liliyana Natsir ada di angka 34.

Kevin Sanjaya

Setelah Liliyana Natsir, barulah tersemat ganda putra Indonesia nomor 1 dunia saat ini yaitu Kevin Sanjaya. Berkat gaya permainan yang tengilnya, rupanya Kevin Sanjaya rupanya berhasil memenangi secara total 30 gelar,.

Rincian gelar Kevin Sanjaya itu terdiri dari 10 gelar di level Super Series, 4 Grand Prix dan 16 kali menang di BWF World Tour. Melihat usianya yang baru 24 tahun, besar kemungkinan kalau Kevin Sanjaya bisa menambah koleksi gelar untuk melewati pencapaian Liliyana Natsir.

Marcus Gideon

Pasangan sehati Kevin Sanjaya yaitu Marcus Gideon ternyata juga masuk dalam daftar pebulutangkis dengan gelar terbanyak. Mirip dengan Kevin Sanjaya, Marcus Gideon juga secara total mengoleksi 30 gelar di turnamen bulutangkis sejak 2007.

Namun letak perbedaannya dengan Kevin Sanjaya ada pada jumlah gelar di Super Series lebih banyak tapi kalah di tingkat Grand Prix. Dengan masih berada jadi nomor 1 di ganda putra, bukan tidak mungkin Marcus Gideon juga bisa melewati rekor Liliyana Natsir.

Tontowi Ahmad

Nama selanjutnya adalah pasangan Liliyana Natsir yaitu Tontowi Ahmad yang menjadi pebulutangkis Indonesia dengan gelar terbanyak keempat. Secara total, Tontowi Ahmad telah mengumpulkan 27 gelar sepanjang kariernya sejak 2007 lalu.

Jumlah gelar itu jika dirinci maka akan terbagi menjadi 16 di Super Series, 10 Grand Prix dan 1 BWF World Tour. Kebanyakan, gelar yang ia peroleh diraih bersama Liliyana Natsir.

Hendra Setiawan

Terakhir yang masuk dalam daftar adalah ganda putra andalan Indonesia, Hendra Setiawan. Uniknya, Hendra Setiawan hanya berselisih satu gelar saja di belakang Tontowi Ahmad, fakta yang membuat ia bisa melewati rekor pasangan Liliyana Natsir itu.

Sejak berpasangan dengan Markis Kido hingga Mohammad Ahsan, jumlah gelar Hendra Setiawan bila dirinci akan menjadi 18 Super Series, 4 Grand Prix dan 4 di BWF World Tour. Itulah 5 pebulutangkis Indonesia dengan jumlah gelar terbanyak.