In-depth

Mengenal Alex Yuwan Tjong, Pebulutangkis Brasil Berdarah Indonesia

Jumat, 15 Mei 2020 16:17 WIB
Editor: Coro Mountana
© badmintonindonesia.org
Mengenal Alex Yuwan Tjong, Pebulutangkis Brasil Berdarah Indonesia Copyright: © badmintonindonesia.org
Mengenal Alex Yuwan Tjong, Pebulutangkis Brasil Berdarah Indonesia

INDOSPORT.COM – Alex Yuwan Tjong, pebulutangkis Brasil yang tak disangka berdarah Indonesia dari orang tuanya, bagaimana ceritanya?

Ketika kita mengenal kalau Brasil adalah negara sepak bola, siapa sangka olahraga bulutangkis juga berkembang di sana. Meski kalah pamor dengan sepak bola, tetapi bulutangkis ternyata ada denyut nadinya di Brasil.

Salah satu atlet yang berusaha mempopulerkan bulutangkis di Brasil adalah Alex Yuwan Tjong yang ternyata memiliki darah Indonesia. Meski kariernya tidak sampai tingkat dunia, tetapi untuk level Amerika Latin, prestasi Alex Yuwan Tjong cukup mumpuni.

Mulai dari medai perunggu di Pan American Games, 2 medali perak dan 4 medali perunggu Pan American Championships, serta 3 medali perak pada ajang South American Games.

Di level BWF International Series, Alex Yuwan Tjong bahkan berhasil meraih gelar juara di Kolombia International, Argentina International, hingga Puerto Rico International. Berbekal prestasi itu, tentu menarik untuk mengulik asal usul darah Indonesia Alex Yuwan Tjong.

Asal-usul Alex Yuwan Tjong

Dengan wajah orientalnya, ternyata Alex Yuwan Tjong memang memiliki darah Indonesia keturunan Tionghoa. Ayahnya yang bernama Tjong Chuang Lion merupakan warga dari Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sedangkan ibu tercintanya, Lim Hui Mey Tjong merupakan orang Palembang, Sumatra Selatan. Uniknya, kedua orang tua Alex Yuwan Tjong ternyata lahir di Indonesia, tapi mereka memutuskan untuk hijrah ke Brasil.

Dipertemukan dalam komunitas orang Indonesia di Brasil, benih-benih cinta pun mulai tumbuh dalam diri Lim Hui Mey Tjong dengan Tjong Chuang Lion. Hingga akhirnya buah cinta mereka menghasilkan Alex Yuwan Tjong.

Pebulutangkis yang memilih untuk membela Brasil itu ternyata berkenalan dengan bulutangkis melalui komunitas orang Indonesia di Brasil. Sempat berkenalan dengan tenis, sepak bola dan renang, tetapi hati Alex Yuwan Tjong sudah mantap di bulutangkis.

Meskipun bulutangkis tak sepopuler sepak bola di Brasil, tetapi Alex Yuwan Tjong memiliki sifat orang Indonesia yang pekerja keras dan pantang menyerah mencoba untuk berjuang. Hasilnya tentu beragam pencapaian di ajang Amerika Latin.

Menariknya, Alex Yuwan Tjong merupakan tipe pemain serba bisa karena bisa bermain di 3 sektor sekaligus yaitu tunggal putra, ganda putra hingga ganda campuran. Sayang Alex Yuwan Tjong memilih untuk membela Brasil bukan Indonesia.

Dengan bekal bermain di 3 sektor sekaligus, pasti pebulutangkis kelahiran Campinas, Brasil, 29 tahun lalu itu sejatinya bisa menjadi aset berharga bagi bulutangkis Indonesia. Itulah, bagaimana profil dari Alex Yuwan Tjong, pebulutangkis Brasil berdarah Indonesia.