Ronne Maykel dan Jo Novita, Pebulutangkis Suami-Istri yang Hijrah ke Kanada

Sabtu, 16 Mei 2020 15:44 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Badminton Indonesia
Mantan pebulutangkis Indonesia, Jo Novita, bersama sang putri. Copyright: © Badminton Indonesia
Mantan pebulutangkis Indonesia, Jo Novita, bersama sang putri.

INDOSPORT.COM - Ronne Maykel dan Jo Novita merupakan pasangan duet bulutangkis yang akhirnya menikah dan akhirya hijrah ke Kanada.

Kisah asmara dua orang atlet yang saling mencintai dan akhirnya menikah, memang cukup mudah ditemui di olahraga bulutangkis. Di Indonesia saja misalnya, beberapa kali kisah tersebut terjadi. Seperti selayaknya yang dialami oleh Ronne Maykel dan Jo Novita.

Ronne Maykel dan Jo Novita

Ronne Maykel dan Jo Novita merupakan dua pebulutangkis yang mengawali karier di klub asal Jakarta, PB Tangkas. Keduanya bergabung dengan PB Tangkas pada tahun 1995 dan menyusul kemudian pada tahun 2001 dipanggil masuk ke Pelatnas PBSI, meski tak dipasangakan sebagai duet ganda campuran.

Sebab kala itu di saat Ronne Maykel diturunkan sebagai pemain ganda campuran, Jo Novita justru turun di sektor ganda putri.

Soal penampilan di atas lapangan, Ronne Maykel yang sempat menembus final Thailand Masters 2001 bersama Eny Widowati, memang tak secemerlang Jo Novita.

Karier Roone justru cepat menurun, hingga akhirnya di tahun 2005 dirinya memutuskan beralih karier menjadi seorang pelatih dan hijrah ke Kanada.

Sementara Novita jauh lebih baik. Kariernya bisa bertahan lebih lama di Indonesia. Bahkan berbagai raihan prestasi membanggakan pun pernah diraihnya. Salah satu yang paling membanggakan ketika dirinya bisa meraih medali emas di SEA Games 2001 dari sektor ganda putri, berpasangan dengan Lita Nurlita.

Bersama tim beregu putri Indonesia, Jo Novita juga merupakan bagian ketika meraih dua kali medali emas (2001 dan 2007) dan juga dua medali perunggu (2003 dan 2005). Serta ketika menjadi runner up Uber Cup tahun 2008.

Selain raihan medali tersebut, ketika berduet bersama Greysia Polii, Jo Novita juga mampu meraih peringkat tertinggi. Saat di tahun 2007 dirinya berada di ranking 13 BWF sektor ganda putri dunia.

Ronne Maykel dan Jo Novita Menikah

Meski memiliki perjalan karier yang berbeda dan berpisah jauh sejak tahun 2005. Hubungan antara Ronne Maykel dan Jo Novita yang berawal sebagai teman di PB Tangkas, rupanya tak bisa terhalagi untuk kemudian berakhir di jenjang pernikahan.

Tepat pada tanggal 2 Agustus 2009, Ronne Maykel mempersunting Jo Novita. Setelah itu Jo Novita pun menyusul Ronne Maykel untuk tinggal di Kanada.

Menetap di kota Vancouver, Jo Novita pun mengikuti jejak Ronne Maykel menjadi pelatih di klub Clearone Badminton Center.

Selain sebagai pelatih, Ronne Maykel dan Jo Novita juga smepat sekali turun berduet di sektor ganda campuran dalam turnamen Canada Open Grand Prix 2010, yang sayangnya harus sudah terhenti di babak 32 besar.