Pakai Kok Sintetis, Pemain Malaysia Bisa Taklukkan Olimpiade Tokyo?

Minggu, 17 Mei 2020 12:27 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pemain Malaysia disebut-sebut bisa menaklukkan Olimpiade Tokyo apabila shuttlecock sintetis mulai diterapkan tahun depan. 

Dilansir dari NST, legenda bulutangkis Malaysia, Rashid Sidek, menyatakan penggunaan kok berbahan sintetis akan menguntungkan pemain dengan tipe menyerang seperti Lee Zii Jia (Malaysia), Chou Tien Chen (China Taipei), dan Viktor Axelsen (Denmark). 

Sementara, tunggal putra peringkat satu dunia, Kento Momota, yang menjadi favorit peraih emas Olimpiade Tokyo, bisa jadi kurang cocok dengan kok sintetis. 

"Shuttlecock sintetis akan menguntungkan pemain dengan tipe menyerang, Lee Zii Jia misalnya. Ia tentu mendapat kesempatan apik di Tokyo," ujar Rashid Sidek.

"Pebulutangkis peringkat 10 dunia itu menunjukkan banyak peningkatan dan saya yakin akan lebih baik di musim depan. Jika penggunaan kok sintetis berlaku mulai tahun depan, saya harap Zii Jia mempersiapkan semua dengan baik agar bisa tampil gemilang," lanjutnya. 

Meski pebulutangkis Malaysia bisa diuntungkan, Rashid tetap kurang menyukai penggunaan kok sintetis.

Baginya, permainan akan terlihat membosankan karena pemain bakal mengandalkan smash bukan skill untuk memenangkan pertandingan. 

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) sudah menyetujui penggunaan kok sintetis. BWF bahkan sudah bekerja sama dengan produsen alat-alat olahraga, Yonex. 

Namun, belum diketahui secara pasti waktu yang tepat untuk mengenalkan kok sintetis. Hal ini karena pandemi corona yang membuat beberapa turnamen yang sedianya digelar April-Juli terpaksa ditunda.