Pensiun, Ini Daftar Gelar Bulutangkis yang Belum Diraih Tontowi Ahmad

Senin, 18 Mei 2020 09:26 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Charlie Crowhurst/Getty Images
Resmi memutuskan pensiun, inilah daftar gelar juara turnamen major bulutangkis internasional yang belum diraih oleh Tontowi Ahmad. Copyright: © Charlie Crowhurst/Getty Images
Resmi memutuskan pensiun, inilah daftar gelar juara turnamen major bulutangkis internasional yang belum diraih oleh Tontowi Ahmad.

INDOSPORT.COM - Resmi memutuskan pensiun, inilah daftar gelar juara turnamen major bulutangkis internasional yang belum diraih oleh Tontowi Ahmad.

Pebulutangkis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad diketahui memutuskan mundur dari dunia bulutangkis dan pengumuman tersebut diumumkannya melalui media sosial pribadi miliknya pada Senin (18/05/20) hari ini.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by tontowi ahmad (@tontowiahmad_) on

Resmi memutuskan pensiun, berikut INDOSPORT.com merangkum daftar gelar juara turnamen major bulutangkis yang belum diraih Tontowi Ahmad:

Asian Games

Meskipun sukses menjadi Juara Dunia dan meraih medali emas Olimpiade Rio 2016, namun Tontowi Ahmad belum berhasil meraih medali emas di gelaran Asian Games.

Pada acara olahraga  4 tahunan se-Asia tersebut, duet Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir paling baik meraih medali perak pada Asian Games 2014 yang diselenggarakan di Incheon, Korea Selatan.

Saat itu, pasangan Tontowi/Liliyana harus takluk di partai final dari pasangan China, Zhang Nan/Zhao Yunlei dalam pertandingan straight games dengan skor 16–21, 14–21.

Empat tahun kemudian di Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta - Palembang, pasangan Tontowi/Liliyana harus puas meraih medali perunggu setelah takluk dari pasangan China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong dengan skor 13-21, 18-21.

Piala Sudirman

Selanjutnya adalah gelar Piala Sudirman. Selama membela Timnas Bulutangkis Indonesia, Tontowi Ahmad belum berhasil mempersembahkan gelar beregu bergengsi dua tahunan di dunia bulutangkis tersebut.

Menjadi bagian dari Timnas Bulutangkis Indonesia pada Piala Sudirman edisi 2013, 2015 dan 2019 lalu, Tontowi Ahmad harus puas dengan pencapaian medali perunggu.

Piala Thomas

Piala Thomas juga menjadi gelar bergengsi bulutangkis yang belum berhasil diraih oleh Tontowi Ahmad. Bahkan dirinya tak pernah terpilih membela tim Indonesia dalam ajang bergengsi tersebut di sepanjang kariernya sebagai seorang pebulutangkis.