3 Pekerjaan Cocok Bagi Tontowi Ahmad Usai Resmi Pensiun dari Bulutangkis

Selasa, 19 Mei 2020 05:05 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berikut ini tiga pekerjaan yang cocok bagi Tontowi Ahmad usai resmi mengumumkan pensiun dari dunia bulutangkis internasional. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berikut ini tiga pekerjaan yang cocok bagi Tontowi Ahmad usai resmi mengumumkan pensiun dari dunia bulutangkis internasional.

INDOSPORT.COM - Berikut ini tiga pekerjaan yang cocok bagi Tontowi Ahmad usai resmi mengumumkan pensiun dari dunia bulutangkis internasional.

Kabar mengejutkan datang dari dunia bulutangkis Indonesia. Tontowi Ahmad menyampaikan pernyataan pensiun dari olahraga yang telah membesarkan namanya.

Pengumuman gantung raket itu disampaikan langsung melalui unggahan di akun media sosial Instagram pribadi Tontowi Ahmad, Senin (18/5/20).

"Ini saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk sesuatu yang saya tekuni lebih dari setengah umur saya, yang membuat hidupku menjadi lebih berwarna," buka Tontowi.

Kemudian Tontowi menambahkan kalau ada susah dan senang semasa berkiprah di bulutangkis. Namun, dirinya tetap bangga atas pencapaiannya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by tontowi ahmad (@tontowiahmad_) on

Awalnya Tontowi menjelaskan ingin pensiun ketika berada di puncak podium. Namun, bicara kehidupan tak selalu sesuai dengan yang diinginkan olehnya.

"Tapi apa pun yang terjadi saya sangat bersyukur bisa berada di posisi saya sekarang ini," beber pria berusia 32 tahun itu.

Terakhir, Tontowi menyampaikan rasa terima kasih yang amat besar ke seluruh orang yang telah mendukung dan sangat berpengaruh dalam kiprah di pebulutangkis.

Karier Tontowi berada di puncak kejayaan ketika dipasangkan dengan legenda Liliyana Natsir kala sukses merengkuh medali emas Olimpiade Rio 2016.

Usai pensiun, kini masa depan Tontowi menjadi teka-teki besar. Lantas berikut ini merupakan pekerjaan yang dirasa cocok bagi Tontowi mengisi kehidupan barunya.

1. Mengabdi Pada Negara

© Instagram/@bkngoidofficial
Keluahan Tontowi Ahmad Soal Tes CPNS Copyright: Instagram/@bkngoidofficialKeluahan Tontowi Ahmad Soal Tes CPNS

Pasca memilih pensiun, Tontowi Ahmad tampaknya bisa melanjutkan pekerjaannya dalam mengabdi pada negara alias Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Tontowi resmi menyandang status tersebut selepas meraih medali Olimpiade Rio 2016 dan beberapa kejuaraan yang dimenangkan semasa bermain.

Tontowi telah diangkat jadi PNS sejak Januari 2018 lewat jalur khusus karena memiliki prestasi luar biasa kala masih berduet dengan Liliyana Natsir.

2. Komentator

© Charlie Crowhurst/Getty Images
Tontowi Ahmad di BWF Dubai World Superseries Finals 2016 silam. Copyright: Charlie Crowhurst/Getty ImagesTontowi Ahmad di BWF Dubai World Superseries Finals 2016 silam.

Pekerjaan berikutnya yang bisa ditekuni oleh Tontowi Ahmad usai menyatakan pensiun dari dunia bulutangkis ialah menjadi komentator tepok bulu.

Sebab kemampuan, pengalaman, hingga sempat terjun di dunia bulutangkis dirasa pantas bagi Tontowi untuk menjadi komentator bulutangkis.

Terlebih atlet-atlet cabang olahraga lain juga kerap didapuk sebagai pundit ataupun komentator pasca memilih pensiun dari dunia olahraga internasional.

3. Buka Usaha

© Theresia Simanjuntak/INDOSPORT
Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu di babak pertama Indonesia Masters 2020. Copyright: Theresia Simanjuntak/INDOSPORTTontowi Ahmad/Apriyani Rahayu di babak pertama Indonesia Masters 2020.

Pekerjaan terakhir yang dirasa cocok untuk dijalani oleh Tontowi ialah membuka sebuah usaha apapun demi melanjutkan kehidupan pasca-pensiun dari bulutangkis.

Dalam beberapa kesempatan, Tontowi Ahmad mengaku ingin terjun ke dunia bisnis properti, makanan, atau yang lainnya. Selain itu ada beberapa bisnis pula bisa digeluti.

Mulai dari membuka bengkel karena Tontowi suka dunia otomotif, usaha tempat penginapan di dunia pariwisata, sampai kemungkinan pembinaan bulutangkis.