Kisah Lin Dan-Xie Xingfang yang Gagal Samai Susy Susanti-Alan Budikusuma

Kamis, 28 Mei 2020 09:05 WIB
Penulis: Herry Ibrahim | Editor: Indra Citra Sena
© badmintonplanet
Lin Dan bersama anak dan istrinya, Xie Xingfang. Copyright: © badmintonplanet
Lin Dan bersama anak dan istrinya, Xie Xingfang.

INDOSPORT.COM - Sudah banyak yang tahu bahwa Susy Susanti dan Alan Budikusuma merupakan pasangan emas Olimpiade Barcelona 1992. Kedua sejoli diketahui berpacaran dan sama-sama sukses mampu mengawinkan gelar tertinggi ketika yang berujung pernikahan bagi keduanya.

Namun tahukah Anda jika ada pasangan yang ingin mengikuti jejak Susy-Alan? Mereka adalah pebulutangkis China, Lin Dan dan Xie Xingfang.

Jejak itu coba direalisasikan keduanya pada Olimpiade Beijing 2008. Sama-sama berstatus tunggal putra dan putri nomor satu dunia, Lin Dan dan Xie Xingfang difavoritkan untuk meraih medali emas dan mengawinkan gelar keduanya. 

Namun, ketika Lin Dan sukses mengalahkan Lee Chong Wei di final, nahas bagi Xie Xingfang yang justru menyerah dari rekan senegaranya, Zhang Ning.

Pada akhirnya, Lin Dan dan Xie Xingfang gagal mengikuti sepak terjang pasangan Susy Susanti dan Alan Budikusuma dalam sejarah bulutangkis dunia, khususnya di Olimpiade.

Kisah percintaan Lin Dan dengan Xie Xingfang juga cukup menarik untuk diikuti. Benih cinta mereka bersemi ketika Piala Thomas-Uber 2004 di Istora Senayan. 

Lin Dan sering berlari ke arah Xie Xingfang dan menciumnya usai meraih kemenangan. Aksi spontan tersebut banyak dibicarakan, termasuk media-media di China.

Lin Dan dan Xie Xingfang akhirnya menikah pada 2010 setelah sang ratu bulutangkis China itu memutuskan untuk pensiun dari dunia bulutangkis.

Setelah menikah, prestasi Lin Dan pun makin bersinar. Sederet gelar prestisius yakni juara dunia, All England, hingga medali emas untuk kedua kalinya di Olimpiade London 2012 bisa ia raih dengan perkasa.

Pada akhirnya Lin Dan juga pernah kepergok selingkuh dengan seorang model dan aktris China. Namun hal itu tak membuat hubungan keduanya berakhir, karena Lin Dan kemudian langsung mengungkapkan permintaan maaf dan hubungan keduanya masih bertahan hingga kini.

"Sebagai lelaki, saya tak akan mencari alasan. Tingkah laku saya telah menyakiti keluarga saya. Saya meminta maaf pada mereka," kata Lin Dan lewat akun Weibo miliknya mengakui kesalahan masa lalu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
50%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%