3 Negara Peraih Medali Terbanyak di Asian Games

Jumat, 29 Mei 2020 07:27 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Lanjar Wiratri
© Humas PBSI
Inilah tiga negara pengoleksi medali bulutangkis terbanyak di panggung Asian Games sejak tahun 1962 sampai 2018 lalu. Copyright: © Humas PBSI
Inilah tiga negara pengoleksi medali bulutangkis terbanyak di panggung Asian Games sejak tahun 1962 sampai 2018 lalu.

INDOSPORT.COM - Inilah tiga negara pengoleksi medali bulutangkis terbanyak di panggung Asian Games sejak tahun 1962 sampai 2018 lalu.

Asian Games adalah pesta olahraga akbar empat tahunan se-Asia sekaligus merupakan salah satu acara bulutangkis internasional yang bergengsi di dunia.

Bulutangkis yang menjadi kekuatan negara Asia diketahui pertama kali masuk dalam salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games pada tahun 1962 silam.

Sejak digelar pada tahun 1962 silam, sudah banyak negara yang mengoleksi medali di Asian Games. Lantas siapa sajakah negara terbanyak pengoleksi medali Asian Games?

Berikut INDOSPORT.com merangkum tiga negara peraih medali bulutangkis terbanyak di panggung Asian Games:

China

Timnas Bulutangkis China sukses menduduki peringkat pertama sebagai negara pengoleksi medali bulutangkis terbanyak di Asian Games.

Dari tahun 1962 hingga di edisi Asian Games terakhir pada tahun 2018 silam di Jakarta-Palembang, Timnas Bulutangkis China sudah berhasil mengoleksi 107 medali bulutangkis di  Asian Games.

Dimana 107 medali yang diraih oleh Timnas Bulutangkis China di panggung Asian Games berasal 43 medali emas, 29 medali perak dan 35 medali perunggu.

Indonesia

Timnas Bulutangkis Indonesia ternyata menempati peringkat kedua sebagai negara pengoleksi medali bulutangkis Asian Games terbanyak di bawah tim bulutangkis China.

Selama Asian Games bergulir sejak tahun 1962 hingga 2018 silam, Timnas Bulutangkis Indonesia berhasil meraih total medali di bulutangkis sebanyak 99 medali.

99 medali yang diraih oleh Timnas Bulutangkis Indonesia di panggung Asian berasal 28 medali emas, 27 medali perak dan 44 medali perunggu.

Korea Selatan

Timnas Bulutangkis Korea Selatan ternyata menempati peringkat ketiga sebagai negara pengoleksi medali bulutangkis Asian Games terbanyak di bawah China dan Indonesia.

Dimana Timnas Bulutangkis Korea Selatan berhasil meraih 66 medali bulutangkis Asian Games sejak diselenggarakan pada tahun 1962 hingga 2018 lalu.

66 medali yang diraih oleh Timnas Bulutangkis Korea Selatan di panggung Asian Games berasal 16 medali emas, 17 medali perak dan 33 medali perunggu.