Hijrah ke Kanada, Pemain Indonesia Kini Jadi Chef Andal?

Jumat, 5 Juni 2020 15:57 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© www.pbdjarum.org
Memutuskan melanjutkan karier bulutangkisnya di Kanada sejak Mei 2016, pemain ganda putra Indonesia, Jeka Wiratama kini mendadak jadi chef andal? Copyright: © www.pbdjarum.org
Memutuskan melanjutkan karier bulutangkisnya di Kanada sejak Mei 2016, pemain ganda putra Indonesia, Jeka Wiratama kini mendadak jadi chef andal?

INDOSPORT.COM - Memutuskan melanjutkan karier bulutangkisnya di Kanada sejak Mei 2016, pemain ganda putra Indonesia, Jeka Wiratama kini mendadak jadi chef andal?

Jeka Wiratama merupakan atlet bulutangkis jebolan PB Djarum yang pada Mei 2016 lalu memutuskan menerima pinangan dari salah satu klub bulutangkis di Kanada, yakni KC Badminton Club dan masih berlangsung sampai sekarang.

Tinggal di negeri pecahan es, Jeka Wiratam mengaku harus pintar berhemat karena kehidupan di Kanada sangat berbeda jauh dengan kehidupannya ketika masih di Indonesia.

Jika di Indonesia dirinya bisa dengan mudah mencari makanan yang sesuai dengan lidahnya dan relatif murah, tetapi di Kanada, ia sangat kesulitan melakukan itu, karena harga bahan makanan sangat mahal.

Alhasil, karena ingin berhemat, juara ganda putra Asia Youth U-15 tahun 2010 tersebut akhirnya memutuskan untuk memasak sendiri.

Diakui oleh atlet PB Djarum tersebut, dirinya saat ini sudah sangat jago kalau disuruh memasak. Walaupun ketika di awal-awal dulu, dirinya sempat memasang ayam goreng tapi gagal.

"Sekarang saya bisa masak sendiri. Soalnya kan bisa liat youtube. Gampanglah kalo masak," ujar Jeka Wiratama dikutip dari situs resmi PB Djarum.

"Pertama kali coba goreng ayam, tapi enggak diungkep (olahan daging ayam yang direbus dengan bumbu rempah-rempah-red) dulu. Langsung saya goreng," lanjutnya.

"Sebenarnya enggak gosong, cuma dalamnya enggak mateng. Masih ada darahnya. Soalnya belum pernah dan enggak tahu, enggak liat youtube juga," pungkasnya.

Tahun 2016, pemain ganda putra, Jeka Wiratama bergabung dengan klub bulutangkis di Kanada bersama dengan empat orang lainnya dari Indonesia.

Semenjak pindah ke Kanada pada tahun 2016, Jeka Wiratama mengakui dirinya sempat kesulitan beradaptasi dengan cuaca di Kanada karena sangat berbeda dari Indonesia, tetapi sudah mulai terbiasa saat ini.

Tidak hanya Jeka Wiratama, ada banyak pemain Indonesia yang juga memutuskan hijrah ke Kanada dan akhirnya meraih cukup banyak kesuksesan di sana.

Contohnya seperti alumni PB Djarum lainnya, yakni Ghaida Nurul Ghaniyu yang kini tinggal di Montreal Kanada dan bergabung dengan klub CST Badminton, di mana ia bergabung sejak Maret 2019 lalu.