2 Bintang bulutangkis China yang Punya Ikatan Kuat dengan Indonesia

Minggu, 7 Juni 2020 20:31 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Chris Hyde/Getty Images
Sejumlah pebulutangkis asal China, ternyata diketahui punya ikatan kuat dengan Indonesia. Siapa saja mereka? Copyright: © Chris Hyde/Getty Images
Sejumlah pebulutangkis asal China, ternyata diketahui punya ikatan kuat dengan Indonesia. Siapa saja mereka?

INDOSPORT. COM - Sejumlah pebulutangkis asal China, ternyata diketahui punya ikatan kuat dengan Indonesia. Siapa saja mereka?

Pentas bulutangkis dunia memang kerap memunculkan persaingan antara dua kekuatan Asia, China dan Indonesia. Kedua negara ini punya atlet-atlet hebat yang kiprahnya membuat kagum masyarakat pecinta bulutangkis.

Sebut saja persaingan Lin Dan dan Taufik Hidayat. Keduanya dahulu bersaing ketat di nomor tunggal putra dunia.

Bahkan rivalitas Lin Dan dan Taufik Hidayat tak jarang memunculkan pertandingan panas. Misalnya final Asian Games 2006, Taufik Hidayat sukses mengalahkan Lin Dan dua set langsung, 21-15, 22-20, sekaligus berhak atas raihan medali emas.

Meski begitu, China dan Indonesia sejatinya punya hubungan spesial tersendiri. Buktinya, ada sejumlah pebulutangkis China yang ternyata punya ikatan khusus dengan Indonesia.

Redaksi berita olahraga INDOSPORT lantas coba merangkum nama-nama pebulutangkis China yang punya ikatan dengan Indonesia tersebut. Mari simak penjabarannya dalam ulasan singkat berikut ini.

Fu Haifeng

© Getty Images
Fu Haifeng, Pebulutangkis China yang memiliki keturungan Indonesia Copyright: Getty ImagesFu Haifeng, Pebulutangkis China yang memiliki keturungan Indonesia

Fu Haifeng merupakan salah satu pebulutangkis China yang punya karier menawan di nomor ganda putra. Karier hebatnya tercipta kala berpasangan dengan Cai Yun pada era 2000-an silam. 

Kiprah Fu Haifeng/Cai Yun berhasil menjadi lawan tangguh yang selalu menyulitkan ganda putra Indonesia, Markis Kido/Hendra Setiawan.

 Berdasarkan data BWF, Fu Haifeng/Cai Yun mampu unggul secara rekor pertandingan atas Kido/Hendra dengan angka 6-3.

Menurut laporan Sohu Sports, Fu Haifeng ternyata punya ikatan khusus dengan Indonesia. Terutama tentang latar belakangnya yang berdarah Merah Putih.

Kakek dari Fu Haifeng dahulu sempat migrasi ke Indonesia untuk melakukan perdagangan. Sang kakek menetap cukup lama di Indonesia, sampai menghasilkan seorang anak bernama Fu Mingying, yang kemudian menjadi ayah Fu Haifeng.

Akan tetapi, akibat adanya konflik rasial terhadap etnis Tionghoa, keluarga Fu Haifeng memutuskan pulang ke China. Keluarga Fu Haifeng lantas menempati sebuah daerah di Hui Lai, kampung petani Nanshan, China.

Setelah tinggal di China, Fu Mingying mengembangkan bakat sebagai pebulutangkis, hingga naik pangkat menduduki jabatan pelatih bulutangkis China. Pada 1983 Fu Haifeng lahir, Fu Mingying pun memberikan pendidikan bulutangkis, hingga sang anak menjadi pebulutangkis hebat.

IDS Emoticon Suka
Suka
8%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
54%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
15%
IDS Emoticon Marah
Marah
23%