In-depth

Membedah Prestasi Flandy Limpele dengan 5 'Mantan Terindahnya' dari Negeri Asing

Jumat, 19 Juni 2020 07:21 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Indranil Mukherjee/AFP via Getty Images-
Membedah prestasi Flandy Limpele dengan 5 'mantan terindahnya' dari negeri asing di sektor ganda campuran dan putra. Copyright: © Indranil Mukherjee/AFP via Getty Images-
Membedah prestasi Flandy Limpele dengan 5 'mantan terindahnya' dari negeri asing di sektor ganda campuran dan putra.

INDOSPORT.COM - Sebelum menjadi pelatih bulutangkis sukses seperti sekarang ini, Flandy Limpele dulunya merupakan pemain spesialisasi ganda yang gemar bermain dengan pasangan gado-gado.

Ketika masih aktif bermain sebagai seorang pebulutangkis, Flandy Limpele merupakan pemain yang bermain di sektor ganda putra dan campuran.

Di ganda putra, Flandy Limpele berhasil meraih medali perunggu Olimpiade Athena 2004, sementara di ganda campuran, ia berhasil meraih sejumlah gelar dengan pasangan yang berbeda-beda.

Setidaknya terdapat lima pebulutangkis asing yang pernah menjadi 'mantan terindah' dari seorang Flandy Limpele di sektor ganda campuran, dimana mereka adalah  Lotte Jonathans (Belanda), Wen Hsing Chen (Chinese Taipei), Britta Andersen (Denmark), Anastasia Russkikh (Rusia) dan Simon Archer (Inggris).

Lantas, bagaimana kiprah Flandy Limpele bersama dengan lima pebulutangkis yang menjadi 'mantan terindah'-nya di sektor ganda campuran dan putra tersebut? Berikut INDOSPORT.com merangkumnya untuk Anda:

Lotte Jonathans (Belanda)

Lotte Jonathans merupakan pemain spesialis ganda terbaik yang pernah dimiliki Belanda. Eks pebulutangkis 42 tahun tersebut merupakan perempatfinalis Olimpiade 2000 dan Olimpiade Athena 2004 di sektor ganda putri ketika berduet dengan Nicole van Hooren dan Mia Audina.

Namun, siapa sangka, jika Lotte Jonathans pernah menjadi pasangan dadakan Flandy Limpele ketika bertanding di Indonesia Open dan Malaysia Open pada tahun 2010.

Ketika berduet dengan Lotte Jonathans, Flandy Limpele kalah di kedua Indonesia Open setelah takluk dari pasangan Thailand, Patiphat Chalardchaleam/Savitree Amitrapai dengan skor 22-20, 15-21, 17-21.

Tetapi jauh lebih baik di gelaran Malaysia Masters 2010, dimana duet Flandy Limpele/Lotte Jonathans berhasil mencapai babak 16 besar, walaupun harus mengakui keunggulan pasangan Devin Lahardi/Liliyana Natsir dengan skor 3-21, 21-17, 12-21.

Wen Hsing Chen (Chinese Taipei)

Wen Hsing Chen merupakan spesialisasi ganda terbaik yang pernah dimiliki oleh Chinese Taipei. Ia pernah menempati peringkat 1 dunia pada tahun 2010 di sektor ganda putri dan menempati peringkat 5 dunia pada tahun 2012.

Di tahun 2009, legenda ganda putra Indonesia, Flandy Limpele pernah berduet sebentar dengan legenda bulutangkis Chinese Taipei tersebut dan berhasil meraih satu gelar di turnamen Vietnam Open 2009 setelah di partai final mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dengan skor 25-23, 21-19.

Sementara di gelaran China Masters dan Hong Kong Open, pasangan Flandy Limpele/Wen Hsing Chen hanya berhasil menembus babak 16 besar dan babak 32 besar saja.