Ada dari Indonesia, 3 Pebulutangkis yang Dibuatkan Patung Lilin di Museum Madame Tussauds

Rabu, 24 Juni 2020 17:40 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Shi Tang/Getty Images
Lin Dan, legenda bulutangkis China Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Lin Dan, legenda bulutangkis China

INDOSPORT.COM – Sudah ada tiga atlet bulutangkis top dunia yang diabadikan dalam bentuk patung lilin di Madame Tussauds, mulai dari Lin Dan hingga legenda asal Indonesia.

Prestasi seorang atlet bulutangkis bisa dihargai dengan berbagai cara. Mulai dari trofi dan medali di sebuah turnamen, hadiah uang, hingga yang paling prestisius seperti dibuatkan patung sebagai bentuk penghormatan.

Tak banyak memang pebulutangkis yang karena prestasinya bisa mendapatkan kehormatan hingga dibuatkan patung. Namun dari sedikit itu, setidaknya ada tiga yang bahkan sampai dibuatkan oleh museum patung lilin Madame Tussauds.

Dengan koleksi ratusan bahkan mungkin ribuan tokoh terkenal dunia, Museum Madame Tussauds memang tak sembarangan membuat patung lilin seseorang. Dibutuhkan prestasi hingga popularitas luar biasa sebagai syaratnya.

Menariknya dari tiga atlet bulutangkis dunia yang mendapatkan kehormatan dibuatkan patung lilin oleh Museum Madame Tussauds, ada satu yang berasal dari Indonesia.

Siapa dia? Berikut INDOSPORT merangkumkan dalam daftar 3 pebulutangkis yang diabadikan dalam patung lilin di Musem Madame Tussauds.

Lin Dan

© Getty Images
Patung lilin Lin Dan di Madame Tussauds. Copyright: Getty ImagesPatung lilin Lin Dan di Madame Tussauds.

Tunggal putra China, Lin Dan menjadi salah satu pebulutangkis yang diabadikan dalam bentuk patung lilin di Museum Madame Tussauds.

Patung lilin Lin Dan mulai dipajang di Museum Madame Tussauds yang berada di Shanghai China pada tahun 2016. Atau bersamaan dengan dibukanya museum keenam Madame Tussauds yang ada di dunia saat itu, menyusul museum yang berada di London, Amsterdam, New York, Hong Kong, and Las Vegas.

Keberadaan Museum di China memang tak lepas dari keputusan dibuatnya patung lilin Lin Dan. Namun selain itu, faktor prestasi luar biasa yang bisa ditorehkan Lin Dan dalam karier bulutangkisnya pasti juga tak lepas dari perhitungan.

Di Museum Madame Tussauds Shanghai itu, Lin Dan bersanding dengan dua atlet terbaik China lainnya, pebasket NBA, Yao Ming dan pelari juara Olimpade, Liu Xiang.

Lee Chong Wei

© https://www.madametussauds.com/
Lee Chong Wei saat pengumuman akan dibuatkan patung lilin di Madame Tussauds. Copyright: https://www.madametussauds.com/Lee Chong Wei saat pengumuman akan dibuatkan patung lilin di Madame Tussauds.

Rival abadi Lin Dan di dunia bulutangkis, Lee Chong Wei juga ketinggalan untuk mendapatkan kehormatan diabadikan dalam patung lilin di Museum Madame Tussauds.

Berbeda dengan Lin Dan, tunggal putra Malaysia itu memang terhitung baru mendapatkan kehormatan itu. Di mana baru pada bulan Januari lalu, patung ilin Lee Chong Wei dipastikan akan menjadi salah satu koleksi dari Museum Madame Tussauds yang ada di Hong Kong.

Sejak pengumuman bulan januari 2020 tersebut, diperkirakan patung lilin Lee Chong Wei akan mulai bisa dinikmati oleh publik di Museum Madame Tussauds Hong Kong pada pertengahan tahun ini. Namun lantaran pandemi virus corona, kemungkinan waktu peluncuran patung lilin Lee Chong Wei akan mengalami penundaan lebih lama.