Apa Kabar Jo Novita? Eks Partner Greysia Polii yang Pindah ke Kanada

Jumat, 26 Juni 2020 12:32 WIB
Penulis: Arif Yahya | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Badminton Indonesia
Mantan pebulutangkis Indonesia, Jo Novita, bersama sang putri. Copyright: © Badminton Indonesia
Mantan pebulutangkis Indonesia, Jo Novita, bersama sang putri.

INDOSPORT.COM - Para pencinta bulutangkis mungkin masih ingat dengan Jo Novita, salah satu pemain yang pernah menjadi tumpuan ganda putri Indonesia.

Semasa menjadi pemain, wanita berusia 38 tahun itu diketahui pernah berpasangan dengan Eny Erlangga, Lita Nurlita, Greysia Polii serta Rani Mundiasti di ganda putri.

Selain di sektor putri, ia juga pernah bermain di nomor ganda campuran bersama Chandra Wijaya dan Alvent Yulianto. Jo Novita tercatat telah memenangkan berbagai macam gelar baik gelar individu maupun secara tim.

Contohnya, bersama Eny Erlangga dirinya sukses meraih gelar di Thailand Open 2001, kemudian bersama Lita Nurlita ia mampu merengkuh medali emas SEA Games 2003.

Sedangkan bersama Greysia Polii ia berhasil juara di Philippines Open 2006 serta dua kali meraih medali perak SEA Games 2005 serta 2007. Kemudian saat berpartner dengan Candra Wijaya di ganda campuran, dirinya menjuarai Thailand Open 2001.

Selanjutnya saat di nomor beregu, Jo juga turut meraih kesuksesan tatkala membantu tim Indonesia meraih dua medali emas SEA Games yakni tahun 2003 dan 2007, serta menjadi runner up Tim Uber 2008.

Lama tak terdengar kabarnya, lantas apa kabarnya kini? INDOSPORT pun berkesempatan mewawancarai Jo Novita secara langsung.

Dirinya menceritakan kehidupannya saat ini bersama sang suami, Ronne Maykel yang juga merupakan mantan atlet pelatnas. Keduanya kini tinggal di Vancouver, Kanada.

"Saat ini saya tinggal di Vancouver, Kanada bersama suami dan anak. Kami sudah menetap sekitar 11 tahun tepatnya pada tahun 2009. Kabarnya sendiri kami semua baik-baik, saya, suami serta anak semua baik", bukanya saat dihubungi awak INDOSPORT, Rabu (24/06/20).

Selanjutnya saat ditanyai apa saja kegiatannya di tengah pandemi virus corona, dirinya menjawab saat ini mengurus anak dan mendampingi sang suami yang menjadi pelatih bulutangkis.

"Iya saat ini saya jadi ibu rumah tangga saja, mengurus anak, mengurus suami, dampingi suami saya, dia melatih di Club Clearone Badminton Centre di Vancouver, Kanada," lanjutnya. 

Kemudian saat disinggung soal status kewarganegaraan, ia menjelaskan bahwasanya ia berserta suami masih menyandang status WNI. 

"Saya dan suami masih WNI, statusnya masih permanent resident belum citizen." 

Kendati tinggal jauh di Kanada, Jo Novita nyatanya kerap pulang ke tanah air dan di saat yang sama masih aktif berkomunikasi dengan mantan partner, Greysia Polii dan legenda ganda campuran, Liliyana Natsir.

"Saya sering juga pulang ke Indonesia, ya setahun sekalilah atau dua tahun sekali. Terakhir 2018 saya pulang ke tanah air. Ya pas di Indonesia, saya ketemu sama Liliyana sama Greys juga. Kita ngobrol bareng, sama pemain cowok juga ngobrol," tutup Jo Novita.