Kisah Tan Bersaudara dari Malaysia yang Mendominasi Bulutangkis Asia Tenggara

Sabtu, 11 Juli 2020 21:09 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
© https://www.freemalaysiatoday.com/category/nation/2020/06/01/the-unfulfilled-vision-of-badminton-he
Malaysia sempat memiliki pebulutangkis bersaudara Tan Aik Huang dan Tan Aik Mong yang merajai bulutangkis Asia Tenggara. Copyright: © https://www.freemalaysiatoday.com/category/nation/2020/06/01/the-unfulfilled-vision-of-badminton-he
Malaysia sempat memiliki pebulutangkis bersaudara Tan Aik Huang dan Tan Aik Mong yang merajai bulutangkis Asia Tenggara.

INDOSPORT.COMMalaysia sempat memiliki pebulutangkis bersaudara Tan Aik Huang dan Tan Aik Mong yang merajai bulutangkis Asia Tenggara.

Seperti banyak di Indonesia, pebulutangkis bersaudara juga ada di negara tetangga Malaysia. Bahkan keberadaan pebulutangkis bersaudara itu sempat membuat bulutangkis Malaysia begitu berjaya di level Asia Tenggara di era 70-an, ketika ada dua pebulutangkis kakak beradik, Tan Aik Huang dan Tan Aik Mong.

Tan Aik Huang dan Tan Aik Mong adalah pebulutangkis Malaysia keturunan China yang turun di sektor tunggal putra dan ganda putra.

Tan Aik Huang merupakan yang lebih tua, lahir di Singapura 14 Februari 1946. Sementara sang adik Tan Aik Mong kelahiran Penang 6 April 1950.

Sebagai kakak Tan Aik Huang lebih dulu bisa menorehkan prestasi bulutangkis di level internasional. Diawali ketika dirinya menjadi penguasa Asia Tenggara, dengan meraih medali emas sektor tunggal putra dan juga beregu bulutangkis di ajang Southeast Asian Peninsular Games 1965 atau yang kini dikenal sebagai SEA Games.

Di tahun yang sama Tan Aik Huang juga sukses mengharumkan nama Malaysia dengan menjadi runner up di turnamen bulutangkis tertua dunia, All England.

Capaian Tan Aik Huang semakin sempurna di tahun 1966. Gelar juara All England akhirnya sukses dibawa pulang ke Malaysia. Sekalius juga gelar juara ajang anatranegara persemakmuran Inggris, Commonwealth Games dari sektor tunggal dan ganda putra.

Sepanjang karier, Tan Aik Huang setidaknya bisa membawa pulang total 17 gelar juara dari sektor tunggal, ganda dan beregu. Termasuk ketika dirinya berduet langsung dengan sang adik Tan Aik Mong. Menjadi juara di Singapore Open 1972.