Media Asing Sebut Hafiz/Gloria Masih Butuh Ini untuk Bersaing di Level Tertinggi

Kamis, 30 Juli 2020 22:00 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Shi Tang/Getty Images
Media asing menyebut pasangan ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, harus melakukan ini untuk bisa bersaing di level tertinggi. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Media asing menyebut pasangan ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, harus melakukan ini untuk bisa bersaing di level tertinggi.

INDOSPORT.COM - Media asing menyebut pasangan ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja harus melakukan ini untuk bisa bersaing di level tertinggi.

Pasangan Hafiz Faizal/Gloria E. Widjaja saat ini merupakan pasangan ganda campuran nomor 2 Indonesia setelah pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan saat ini menempati peringkat  8 dunia.

Berstatus sebagai pasangan ganda campuran nomor 2 Indonesia, Hafiz/Gloria dinilai masih memiliki segudang pekerjaan rumah oleh media asing asal Amerika Serikat, Badminton Bites agar bisa bersaing di level tertinggi.

Menurut media AS, pasangan Hafiz/Gloria membutuhkan latihan tambahan untuk memperkuat pola permainan mereka dan bisa berkata lebih jauh di level tertinggi turnamen bulutangkis internasional.

Memang harus diakui meskipun berstatus sebagai ganda campuran nomor 2 Indonesia, performa Hafiz/Gloria masih jauh lebih tidak stabil dari pasangan Praveen/Melati. Bahkan, di Thailand Masters 2020 saja ketika berhadapan dengan wakil Inggris yang di atas kertas mereka sangat unggul, pasangan Hafiz/Gloria justru harus puas menjadi runner-up.

Nasib pasangan Hafiz/Gloria di Olimpiade Tokyo yang akan digelar tahun 2021 juga belum sepenuhnya aman karena masih berada di peringkat 8 besar dunia. Pasangan ganda campuran nomor 2 Indonesia tersebut setidaknya harus tampil konsisten di sisa kualifikasi yang akan dimulai pada gelaran German Open 2021 untuk mengunci tiket ke Olimpiade Tokyo.

Di awal tahun 2020 ini, performa pasangan Hafiz/Gloria bahkan belum menampilkan banyak gebrakan ketika tampil di level-level tinggi seperti Super 500 hingga Super 1000.

Di Malaysia Masters 2020, pasangan nomor 2 Indonesia tersebut berhasil mencapai babak semifinal, tetapi harus takluk dari wakil China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong yang saat ini menempati peringkat  pertama dunia dengan skor 13-21, 12-21.

Kemudian di Indonesia Masters 2020, pasangan Hafiz/Gloria sudah kandas lebih dulu di babak pertama, lagi-lagi oleh pasangan yang sama, yakni Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Pasangan China kembali menjadi momok bagi ganda campuran nomor 2 Indonesia, meskipun di tahun 2019 lalu, Hafiz/Gloria sempat membuat kejutan dan mengalahkan wakil China.

Lalu, di All England 2020, pasangan Hafiz/Gloria hanya mencapai babak perempatfinal setelah kalah dari pasangan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai dalam pertandingan dua game saja dengan skor 17-21, 11-21.

Dan beberapa waktu lalu, di gelaran Mola TV PBSI Home Tournament, pasangan ini hanya mencapai babak perempatfinal dan di penyisihan grup sempat mengalami kekalahan dari pasangan non-unggulan, Akbar Bintang/Winny Oktavina Kandow.