Mengenang Momen Asian Games 1962: Tunggal Putri Indonesia Borong Semua Medali

Selasa, 18 Agustus 2020 10:47 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© BEN STANSALL/AFP/Getty Images
Mengenang momen Asian Games 1962, dimana tunggal putri Indonesia berhasil menyapu bersih semua medali, mulai dari emas hingga perunggu. Copyright: © BEN STANSALL/AFP/Getty Images
Mengenang momen Asian Games 1962, dimana tunggal putri Indonesia berhasil menyapu bersih semua medali, mulai dari emas hingga perunggu.

INDOSPORT.COM - Mengenang momen Asian Games 1962, dimana tunggal putri Indonesia berhasil menyapu bersih semua medali, mulai dari emas hingga perunggu.

Asian Games merupakan salah satu kompetisi bulutangkis bergengsi yang digelar empat tahun sekali, dan siapa sangka kalau tunggal putri Indonesia pernah memiliki catatan fantastis di kompetisi tersebut.

Dilansir dari Instagram akun @badminstat, tunggal putri Indonesia ternyata pernah menyapu bersih seluruh medali ketika bulutangkis untuk pertama kalinya dipertandingkan di ajang Asian Games pada tahun 1962 lalu.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Badminton Statistik (@badminstat) on

Kala itu, tim bulutangkis Indonesia berhasil meraih lima medali emas dari enam nomor yang dipertandingkan, dan salah satu prestasi terbaik datang dari sektor tunggal putri yang berhasil meraih memborong tiga medali.

Dimana pada edisi Asian Games 1962, tiga pebulutangkis tunggal putri Indonesia, yakni Minarni Sudaryanto berhasil meraih medali emas, Corry Kawilarang berhasil meraih medali perak dan Happy Herowati berhasil meraih medali perunggu.

Berkathasil fantastis tersebut, tim bulutangkis Indonesia menjadi satu-satunya negara yang berhasil sapu bersih semua medali di sektor tunggal putri pada kompetisi Asian Games yang berlangsung selama 4 tahun sekali.

Sayangnya setelah prestasi membanggakan tersebut, sampai dengan Asian Games edisi 2018 lalu, belum ada tunggal putri Indonesia lagi yang mampu lolos ke partai final kompetisi bulutangkis beregu dan individual empat tahunan tersebut.

Tentunya diharapkan pada tahun 2022 mendatang, tunggal putri Indonesia bisa kembali berprestasi di turnamen sebesar Asian Games dan segera bangkit dari kemarau gelar yang panjang dan tidak berkesudahan.

Pada edisi Asian Games 2018 lalu, prestasi membanggakan sukses dipersembahkan oleh sektor tunggal dan ganda putra yang berhasil meraih dua medali emas, satu perak dan satu medali perunggu.