Malaysia Bongkar Biang Kerok Tunggal Putranya Alami Cedera

Kamis, 20 Agustus 2020 20:23 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© China Photos/Getty Images
Direktur Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Wong Choong Hann membongkar penyebab tunggal putra junior Malaysia, Leong Jun Hao cedera. Copyright: © China Photos/Getty Images
Direktur Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Wong Choong Hann membongkar penyebab tunggal putra junior Malaysia, Leong Jun Hao cedera.

INDOSPORT.COM - Direktur Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Wong Choong Hann membongkar penyebab tunggal putra junior Malaysia, Leong Jun Hao cedera.

Pebulutangkis tunggal putra junior milik Malaysia, Leong Jun Hao diketahui kembali menderita cedera dalam turnamen bulutangkis internal yang digelar oleh BAM pada 11-16 Agustus. Sang pemain cedera saat bertanding di partai final ketika berhadapan dengen Ng Tze Yong.

Cedera tersebut merupakan cedera ketiga yang dialami oleh Leong Jun Hao di sepanjang kariernya, di mana cedera yang dialaminya adalah cedera otot pinggul bagian kanan yang memaksanya harus absen dalam waktu paling tidak sekitar tiga mingguan.

Direktur Pelatihan BAM, Wong Choong Hann menyebut kalau Leong Jun Hao harus lebih berhati-hati lagi dalam menjaga tubuhnya yang dinilai cukup rapuh dan ia berharap tunggal putra masa depan Malaysia tidak berpikir kalau dirinya menghadapi situasi ini sendirian.

"Dia memiliki kekuatan yang sangat besar. Dalam hal latihan gym, dia tidak ada duanya. Tapi memiliki kekuatan ledakan semacam itu juga meningkatkan kecenderungan mudah terluka," ujar Choong Hann dikutip dari media The Star.

“Kami akan membantunya mengatur itu. Saya berharap dia menyadari bahwa dia tidak sendiri dalam menghadapi tantangan ini," tambahnya.

Terakhir, Wong Choong Hann menyebut BAM tidak akan menyerah begitu saja pada seorang pemain walaupun sang pemain menderita cedera, karena situasi yang dialami oleh Leong Jun Hao pernah dialami pemain Malaysia lainnya seperti Soniia Cheah hingga Selvaduray Kisona.

“BAM tidak akan menyerah begitu saja pada seorang pemain hanya karena dia cedera. Kami tidak ingin kehilangan satu pun anggota tim kami," lanjutnya.

“Kami telah membantu (tunggal putri) Soniia (Cheah, tendon Achilles yang pecah) dan (S.) Kisona (cedera lutut) dan mereka telah kembali dengan baik sejak itu," pungkasnya.

Dalam turnamen bulutangkis internal yang diselenggarakan oleh BAM, tidak hanya Leong Jun Hao saja yang menderita cedera, tetapi pemain Malaysia lainnya seperti Lee Zii Jia, Daren Liew, Soong Joo Ven hingga Goh Soon Huat pun juga menderita cedera yang mengharuskan mereka mundur dari kompetisi tersebut.