2 Tunggal Putranya Cedera, Malaysia Tanpa Harapan di Piala Thomas?

Jumat, 21 Agustus 2020 06:45 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© theStar
Dua pemain tunggal putra andalan  alami cedera, Timnas Bulutangkis Malaysia sudah tak punya harapan lagi di Piala Thomas 2020? Copyright: © theStar
Dua pemain tunggal putra andalan alami cedera, Timnas Bulutangkis Malaysia sudah tak punya harapan lagi di Piala Thomas 2020?

INDOSPORT.COM - Dua pemain tunggal putra andalan  alami cedera, Timnas Bulutangkis Malaysia sudah tak punya harapan lagi di Piala Thomas 2020?

Menjelang gelaran Piala Thomas 2020, tim bulutangkis Malaysia memang mendapat kabar buruk setelah dua tunggal putra andalan mereka mengalami cedera yang cukup serius saat berlaga di turnamen bulutangkis internal yang digelar oleh Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) pada 11-16 Agustus lalu.

Dua tunggal putra Malaysia yang mengalami cedera serius yaitu Lee Zii Jia dan Leong Jun Hao. mereka mengalami sobek otot yang diperkirakan akan membutuhkan waktu sekitar sebulan untuk penyembuhan.

Padahal, dalam waktu hitungan bulan, gelaran Piala Thomas 2020 akan segera digelar pada 3-11 Oktober di Aarhus, Denmark.  Mungkin untuk Leong Jun Hao, statusnya belum jelas apakah akan diikutsertakan atau tidak dalam skuat Malaysia yang akan berlaga di Piala Supremasi tersebut.

Namun, bagi Lee Zii Jia, tentunya akan menjadi kerugian untuk BAM mengingat statusnya sebagai tunggal putra nomor 1 Malaysia dan beberapa waktu lalu di gelaran All England, ia berhasil menampilkan performa mengesankan.

Terlebih lagi, Malaysia berada satu grup dengan Indonesia. Kehilangan sosok Lee Zii Jia pastinya akan menjadi pukulan yang telak mengingat peran dirinya sangat penting untuk tim Negeri Jiran di Piala Thomas 2020.

Namun, Direktur Pelatihan BAM, Wong Choong Hann menolak untuk panik dan masih meyakini kalau keduanya akan segera pulih dari cedera yang mereka alami sebelum Piala Thomas 2020 bergulir.

"Pertama, keluar selama sebulan tidak berarti Zii Jia dan Jun Hao sama sekali keluar dari program pelatihan dan rehabilitasi. Kami akan memantau kemajuan mereka, dan saya optimis mereka akan kembali beraksi," ujar Choong Hann dikutip dari media News Straits Times.

"Mereka telah menjalani pemindaian ultrasound di National Sports Institute dan sedang dirawat karena sobek otot. Punggung bawah untuk Zii Jia dan pinggul kanan untuk Jun Hao," tambahnya.

Malah, Direktur Pelatihan BAM berujar bahwa dengan keadaan seperti ini tentunya akan menjadi waktu yang tepat untuk para pebulutangkis muda lainnya menunjukkan kemampuan mereka. Misalnya, Ng Tze Yong yang berhasil menjadi juara di turnamen bulutangkis internal Malaysia beberapa waktu lalu.

"Ya, saya senang para pemain muda kami menunjukkan karakter yang baik di turnamen.Jalan mereka masih panjang, tetapi pada saat yang sama harus memanfaatkan sepenuhnya peluang yang ada," lanjutnya.

Terakhir, Direktur Pelatihan BAM menyebut kalau dirinya tidak terlalu khawatir dengan keadaan Lee Zii Jia dan Leong Jun Hao karena mereka masih punya banyak waktu untuk memulihkan kedua pemain andalan Malaysia.

"Zii Jia dan Jun Hao masih punya waktu untuk melakukan pemulihan yang tepat. Saya tidak terlalu khawatir," pungkasnya.

Timnas Bulutangkis Malaysia diketahui menempati satu grup dengan Indonesia, Inggris dan Belanda di gelaran Piala Thomas 2020, di mana target mereka adalah mencapai semifinal.