Wah Ada Bulutangkis di Atas Air, Bagaimana Rasanya?

Jumat, 21 Agustus 2020 19:19 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© badminton
Ilustrasi Bulutangkis Copyright: © badminton
Ilustrasi Bulutangkis

INDOSPORT.COM – Inovasi dalam dunia bulutangkis kini semakin canggih. Olahraga tepok bulu kini tidak lagi hanya dilakukan di lapangan tanah, namun juga bisa di atas air. Kok bisa?

Bulutangkis yang pada dasarnya merupakan olahraga santai, kembali bisa dinikmati masyarakat umum dengan suasana yang sangat santai. 

Umumnya, bulutangkis memang dilakukan di atas lapangan tanah dan di dalam ruangan tertutup di dalam stadion. Namun, bulutangkis pun mulai dinikmati masyarakat di alam terbuka.

Di Malaysia, ada sebuah resor penginapan yang menyediakan fasilitas bulutangkis di alam terbuka dan berlangsung di atas air. Hal ini terungkap lewat unggahan video akun @Malaysiabadmintonexpeience di Instagram.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Malaysia Badminton Experience (@malaysiabadmintonexperience) on

Bulutangkis di atas air ini digelar di tengah laut yang ombaknya tenang. Sebuah kapal karet berbentuk raket dijadikan lapangan, yang digambar sedemikian rupa menyerupai lapangan bulutangkis betulan.

Para pemainnya pun harus melakukan jual beli serangan menepok shuttlecock di atas lapangan yang bergoyang-goyang karena hempasan air laut. Bila kurang menjaga keseimbangan, salah-salah mereka bisa terjatuh ke laut.

Para pemain juga berpotensi jatuh ke laut jika mereka gagal mengejar shuttlecock yang terlanjur ke luar lapangan dan akhirnya jatuh ke laut.

Walaupun terlihat menyeramkan, sebenarnya olahraga ini sangat menyenangkan. Pasalnya, para pemain tidak hanya menikmati olahraga bulutangkis namun juga berenang.

Terpisah dari inovasi bulutangkis di atas air, di China sendiri saat ini sedang ngetrend olahraga Air Badminton atau bulutangkis luar ruangan.

Olahraga ini bahkan sudah diperkenalkan di  Festival Olahraga Guangzhou dan Hari Kebugaran Nasional di China yang dipentaskan akhir pekan lalu (8 Agustus 2020).

Sementara itu, pihak BWF masih menangguhkan acara-acara turnamen bulutangkis internasional sejak pandemi virus corona melanda pada Maret 2020 kemarin. Namun, asosiasi bulutangkis tertinggi di dunia itu tetap akan menggelar Piala Thomas dan Uber yang berlangsung di Aarhus, Denmark, pada 3 Oktober mendatang.