Mengenal Jang Hye-ock, Peraih Gelar Juara Dunia Bulutangkis Termuda

Sabtu, 29 Agustus 2020 06:26 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Isman Fadil
© olympics.bwfbadminton.com
Mengenal Jang Hye-ock, eks pebulutangkis ganda putri Korea Selatan yang sukses menjadi peraih gelar Juara Dunia termuda. Copyright: © olympics.bwfbadminton.com
Mengenal Jang Hye-ock, eks pebulutangkis ganda putri Korea Selatan yang sukses menjadi peraih gelar Juara Dunia termuda.

INDOSPORT.COM - Mengenal Jang Hye-ock, eks pebulutangkis ganda putri Korea Selatan yang sukses menjadi peraih gelar Juara Dunia termuda pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 1995.

Jang Hye-ock lahir di Jeonju, Korea Selatan pada 9 Februari 1977 silam. Bersama dengan Gil Young-ah, ia pernah menempati peringkat 1 dunia pada Agustus 1995.

Jang Hye-ock diketahui berhasil meraih gelar Juara Dunia ketika usianya 18 tahun, 3 bulan 19 hari pada tahun 1995. Berkat pencapaiannya tersebut, eks pebulutangkis Korea Selatan menjadi peraih medali emas termuda di Kejuaraan Dunia Bulutangkis termuda hingga saat ini.

Pada tahun yang sama, eks rekan duet Gill Young-ah juga berhasil menjuarai All ENgland, sebelum akhirnya bersama pada Olimpiade Atlanta 1996, Jang Hye-ock berhasil meraih medali perak setelah kalah di partai final atas pasangan China, Ge Fei/Gu Jun dengan skor kembar 5-15.

Namun pada edisi Kejuaraan Dunia Bulutangkis 1995, Jang Hye-ock yang berpasangan dengan Gil Young-ah berhasil meraih gelar Juara Dunia usai mengalahkan pasangan Indonesia, Finarsih/Lili Tampi dalam pertandingan rubber game dengan skor akhir 3–15, 15–11, 15–10 .

Beberapa gelar bergengsi juga telah berhasil diraih oleh Jang Hye-ock selain All England, sebut saja mulai dari Swedih Open, Japan Open, Korea Open, Thailand Open hingga Hong Kong Open juga telah berhasil diraih oleh legenda ganda putri Kroea Selatan.

Kiprahnya di kompetisi beregu sayangnya tidak secemerlang ketika dirinya bermain di kompetisi individual. Tetapi, setidaknya ia pernah mengantarkan Korea Selatan meraih medali perunggu tiga kali beruntun di Pial Uber 1994, 1996 dan 1998.