3 Pebulutangkis Indonesia dengan Gelar Juara Dunia Terbanyak

Rabu, 26 Agustus 2020 20:49 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Semenjak digelar pada tahun 1977 silam, Inilah tiga pebulutangkis Indonesia dengan gelar Juara Dunia terbanyak, siapa sajakah?

Kejuaraan Dunia Bulutangkis merupakan salah satu turnamen prestigius bulutangkis, selain Olimpiade yang digelar empat tahun sekali.

Gelaran Kejuaraan Dunia Bulutangkis sudah digelar sejak tahun 1977 dan diadakan setiap tiga tahun sekali pada saat itu. Tetapi sejak penyelenggaraan di tahun 1983, turnamen bergengsi ini berubah format.

Dan saat ini, diselenggarakan satu tahun sekali dan akan absen ketika Olimpiade bergulir. Lantas, sejak digelar pada tahun 1977 silam, siapa sajakah pebulutangkis Indonesiayang berhasil meraih gelar terbanyak di Kejuaraan Dunia Bulutangkis? Berikut INDOSPORT merangkum tiga pebulutangkis Indonesia tersukses di Kejuaraan Dunia Bulutangkis: 

Hendra Setiawan

Kualitas Hendra Setiawan di jagat bulutangkis dunia memang tak perlu diragukan lagi. Bahkan di usianya yang nyaris menginjakkan kepala empat, pebulutangkis yang dijuluki 'Silent Killer' masih mampu menjadi Juara Dunia.

Pada edisi Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019 lalu bersama dengan Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan berhasil menjadi Juara Dunia untuk kali keempat selepas mengalahkan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dengan skor 25–23, 9–21, 21–15.

Sebelumnya, bersama Mohammad Ahsan, di edisi Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2015, Hendra Setiawan juga berhasil meraih gelar Juara Dunia usai mengalahkan Liu Xiaolong/Qiu Zihan dengan skor 21-17, 21-14.

Lalu di edisi Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013 juga berhasil menjadi Juara Dunia dengan pasangan yang sama yaitu Mohammad Ahsan, di mana pada partai final mereka mengalahkan wakil Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen dengan skor 21-13, 23-21.

Sementara, gelar Juara Dunia pertama yang diraih oleh Hendra Setiawan diraihnya bersama dengan Markis Kido pada tahun 2010 selepas mengalahkan Jung Jae-sung/Lee Yong-dae dengan skor 21–19, 21–19. Hendra Setiawan saat ini menjadi peraih gelar Juara Dunia empat kali.