Satu Pemain Indonesia yang Mampu Raih Gelar Juara Dunia di 2 Sektor Berbeda

Jumat, 28 Agustus 2020 14:46 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Christian Hadinata, eks pebulutangkis Indonesia yang pernah raih gelar Juara Dunia dalam dua sektor berbeda, seperti apa kisahnya?

Tidak ada yang menyangka bahwa Kejuaraan Dunia Bulutangkis 1980 menjadi momen paling membanggakan untuk legenda bulutangkis Indonesia, Christian Hadinata.

Bermain di hadapan pendukung Indonesia, tepatnya di Istora Senayan, Jakarta, Christian Hadinata sukses mengukir sejarah luar biasa dengan menjadi Juara Dunia di dua sektor yang berbeda.

Pada edisi Kejuaraan Dunia Bulutangkis 1980, Christian Hadinata diketahui turun di dua sektor, yakni ganda putra bersama dengan Ade Chandra dan bersama Imelda Wiguno di sektor ganda campuran.

Pada saat itu, bersama Ade Chandra dan Imelda Wiguno, Christian Hadinata sama-sama berhasil mencapai babak final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 1980. Kesempatan emas itu pun tak disia-siakan oleh legenda bulutangkis Indonesia itu.

Bersama dengan Ade Chandra, Christian Hadinata sukses meraih medali emas selepas mengalahkan rekan sesama Indonesia, Rudy Heryanto/Hariamanto Kartono dalam pertandingan rubber game dengan skor akhir 5–15, 15–5, 15–7.

Tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang ada di depan mata, Christian Hadinata juga tampil habis-habisan ketika bermain dengan Imelda Wiguno, dimana pada saat itu pasangan Indonesia berhasil mengalahkan duet Inggris, Mike Tredgett/Nora Perry dalam pertandingan straight games dengan skor akhir 15-12, 15-4 untuk meraih gelar Juara Dunia di tahun 1980 pada saat itu.

Selepas kemenangan fantastis Christian Hadinata pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 1980 lalu, belum ada lagi pemain Indonesia yang mampu meraih gelar Juara Dunia dalam dua sektor.