Chinese Taipei Putuskan Mundur dari Piala Thomas - Uber 2020

Selasa, 1 September 2020 20:43 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Theresia Simanjuntak/INDOSPORT
Sebuah keputusan mengejutkan datang dari negara Chinese Taipei yang memutuskan untuk mundur dari kejuaraan Piala Thomas - Uber 2020. Copyright: © Theresia Simanjuntak/INDOSPORT
Sebuah keputusan mengejutkan datang dari negara Chinese Taipei yang memutuskan untuk mundur dari kejuaraan Piala Thomas - Uber 2020.

INDOSPORT.COM - Sebuah keputusan mengejutkan datang dari negara Chinese Taipei yang memutuskan untuk mundur dari kejuaraan Piala Thomas - Uber 2020 yang akan digelar di Aarhus, Denmark.

Dilansir dari situs olahraga 360badminton.com yang disadur dari Sports Sina, Asosiasi Bulutangkis Chinese Taipei memutuskan mundur dari Piala Thomas - Uber yang akan digelar pada 3 - 11 Oktober.

Tetapi, dua pebulutangkis andalan mereka yakni Chou Tien Chen dan Wang Tzu Wei akan tetap berpartisipasi dalam turnamen individual di kompetisi Denmark Open I dan II yang digelar setelah Piala Thomas - Uber 2020.

Pada Kamis (27/08/20), Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) resmi merilis keputusan final mereka terkait nasib dari turnamen bulutangkis internasional di tahun 2020 ini.

Dari rilisan resmi BWF, mereka memutuskan tetap menggelar Piala Thomas - Uber 2020, Denmark Open I, Denmark Open II dan yang terakhir Asia Open I, Asia Open II dan diakhiri  dengan turnamen BWF World Tour Finals.

Jika Denmark sudah dipastikan akan menjadi tuan rumah dari Piala Thomas - Uber 2020, Denmark Open I, Denmark Open II, maka untuk turnamen Asia Open I, Asia Open II dan BWF World Tour Finals masih belum pasti akan digelar di negara Asia mana.

Setelah kembali dari Aarhus, Denmark, baik Chou Tien Chen dan Wang Tzu Wei tetap diharuskan untuk melakukan karantina selama 14 hari ketika mereka masuk ke Chinese Taipei dan itu artinya tidak ada waktu untuk persiapan bagi keduanya untuk kompetisi berikutnya yaitu Asia Open I dan II beserta BWF World Tour Finals 2020.

Selaras dengan negaranya Chinese Taipei yang memutuskan mundur dari Piala Thomas - Uber 2020, pebulutangkis tunggal putri nomor 1 dunia, Tai Tzu Ying juga memutuskan untuk tidak terlibat dalam turnamen apapun di Denmark.

Sedangkan Chou Tien Chen sendiri mengakui telah membuat sebuah keputusan sulit untuk akhirnya ikut di kompetisi Denmark Open I dan II pada Oktober mendatang, tetapi ia mengatakan bahwa sudah waktunya hidup berdampingan dengan virus Corona dalam waktu yang tak pasti.

“Sepertinya kita harus hidup berdampingan dengan virus untuk waktu yang lama. Kami hanya harus mencoba untuk kembali normal, jadi saya telah memutuskan untuk berpartisipasi dalam dua turnamen Super 750 Denmark," ujar Chou Tien Chen.

Berdasarkan hasil undian dari Piala Thomas 2020, Chinese Taipei menempati grup yang sama dengan China, Australia, dan Prancis. Sementara untuk Piala Uber 2020, tim Chinese Taipei tergabung dengan Jepang, Mesir dan Spanyol.