3 Juara Dunia Tunggal Putra yang Tak Pernah Bawa Pulang Piala Thomas

Kamis, 3 September 2020 06:34 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Isman Fadil
© Indosport.com
Berstatus sebagai Juara Dunia di masanya, ketiga eks pebulutangkis ini rupanya belum pernah mencicipi rasanya mengangkat Piala Thomas, siapa saja mereka? Copyright: © Indosport.com
Berstatus sebagai Juara Dunia di masanya, ketiga eks pebulutangkis ini rupanya belum pernah mencicipi rasanya mengangkat Piala Thomas, siapa saja mereka?

INDOSPORT.COM - Berstatus sebagai Juara Dunia di masanya, ketiga eks pebulutangkis ini rupanya belum pernah mencicipi rasanya mengangkat Piala Thomas. Siapa saja mereka?

Piala Thomas menjadi salah satu kompetisi beregu bergengsi di bulutangkis, dan setiap pebulutangkis pasti sangat ingin mengangkat trofi tersebut. Sayangnya, hal itu belum mampu dilakukan oleh ketiga eks tunggal putra yang sukses menjuarai dunia.

Berikut INDOSPORT.com merangkum tiga eks pemain tunggal putra yang pernah menjadi Juara Dunia tanpa mahkota Piala Thomas:

Flemming Delfs

Flemming Delfs merupakan legenda bulutangkis Denmark yang berhasil menjadi Juara Dunia pada tahun 1977, dimana waktu itu ia mengalahkan rekan senegaranya, Svend Pri dalam pertandingan straight games dengan skor 15-5, 15-6.

Keberhasilan Flemming Delfs meraih gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis tidak diikuti dengan keberuntungannya di Piala Thomas. Eks pemain tunggal putra itu berhasil mencatatkan prestasi tertinggi untuk Denmark dengan mempersembahkan medali perak di Piala Thomas pada tahun 1973 dan 1979.

Sun Jun

Sun Jun merupakan legenda China yang berhasil meraih gelar Juara Dunia pada tahun 1999, dimana saat itu ia berhasil meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Bulutangkis usai mengalahkan wakil Chinese Taipei, Fung Permadi dengan skor 15-6, 15-13.

Kesuksesannya meraih gelar Juara Dunia tidak dibarengi dengan keberuntungan Sun Jun di Piala Thomas. Prestasi tertingginya untuk China di ajang Piala Supremasi adalah mempersembahkan medali perunggu pada tahun 1996 dan 1998.

Peter Rasmussen

Peter Rasmussen merupakan legenda bulutangkis Denmark selanjutnya yang berhasil meraih gelar Juara Dunia pada tahun 1997. Ia berhasil meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Bulutangkis selepas mengalahkan Sun Jun dengan skor 16–17, 18–13, 15–10.

Sayangnya, Peter Rasmussen tidak memiliki keberuntungan di Piala Thomas. Pada lima edisi keikutsertaannya di Piala Thomas saat membela China, legenda Denmark hanya berhasil mempersembahkan medali perak saja.

Medali perak Piala Thomas diraih oleh Peter Rasmussen pada tahun 1996 dan 2004. Sementara sisanya hanya berakhir dengan medali perunggu pada tahun 1998, 2000 dan 2002 di gelaran Piala Thomas.