Saina Nehwal Ditunjuk Jadi Kapten Tim India untuk Piala Uber 2020

Senin, 7 September 2020 14:53 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Shi Tang/Getty Images
Saina Nehwal Ditunjuk Jadi Kapten Tim India untuk Piala Uber 2020 Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Saina Nehwal Ditunjuk Jadi Kapten Tim India untuk Piala Uber 2020

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis asal India, Saina Nehwal saat ini telah ditunjuk sebagai kapten tim India untuk bertanding di turnamen Piala Uber 2020 yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober mendatang.

Tim bulutangkis India kali ini menjadi sorotan oleh beberapa media karena absennya dua ganda putra mereka, yakni Satwiksairaj Rankireddy dan Chirag Shetty untuk bertanding di kejuaraan Piala Thomas Uber yang akan diselenggarakan di Denmark.

Asosiasi Bulutangkis India (BAI) pada hari Minggu (07/09/20) waktu setempat mengumumkan bahwasannya kedua atlet mereka akan absen dari turnamen tersebut. Selain itu mereka juga mengumumkan bahwa Saina Nehwal akan menjadi kapten tim India.

“Karena sebagian besar pemain telah kehilangan kontak dan jauh dari bulutangkis aktif selama lebih dari lima bulan, sekarang penting untuk mengadakan kamp nasional menjelang Piala Thomas dan Uber maka diputuskan untuk melanjutkan kamp persiapan,” kata Sekretaris BAI, Ajay Singhania dilansir dari India Express.

“Kami berterima kasih kepada SAI karena membantu kamp dan semua dukungan dalam menciptakan lingkungan yang aman dan terjamin bagi para pemain dan staf. Kamp ini akan memberikan waktu yang sangat dibutuhkan dan mempersiapkan diri mereka menjelang seleksi akhir,” lanjutnya.

Sementara itu, PV Sindhu sendiri sebelumnya telah memutuskan untuk keluar dari acara tersebut dan Satwiksairaj belum pulih dari pandemi virus corona yang beberapa waktu lalu telah menjangkitnya. Ini akan menjadi kesempatan baru untuk atlet muda lainnya.

Aakarshi Kashyap dan Ashmita Chaliha digadang-gadang akan menjadi pengganti dari dua pemain India lainnya yang mengalami permasalahan dalam tidak ikutnya di turnamen Piala Thomas dan Uber yang akan dilangsungkan di Denmark pada bulan Oktober mendatang.

Di sisi lain, tidak adanya beberapa pemain andalan India akan menjadi kendala bagi Saina Nehwal dalam mengawal tim negaranya untuk berkontribusi dalam turnamen Piala Thomas dan Uber 2020. Sementara tim dari negara lain sudah dikonfirmasi telah turunkan skuad terbaiknya.

Unggulan kelima, tim putra India telah ditempatkan di Grup C bersama juara tahun 2016 silam, yakni Denmark, Jerman dan Aljazair. Sementara untuk tim putri akan bertemu dengan 14 kali juara, seperti China, Prancis, dan Jerman di Grup D.