Dominasi Taufik Hidayat Tak Selama Lin Dan-Chong Wei, Ini Analisa Media China

Senin, 21 September 2020 18:05 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Indra Citra Sena
© Bay Ismoyo/AFP via Getty Images
Media China sebut dua hal yang membuat dominasi Taufik Hidayat tidak selama seperti dua legenda bulutangkis lainnya, Lin Dan dan Lee Chong Wei. Copyright: © Bay Ismoyo/AFP via Getty Images
Media China sebut dua hal yang membuat dominasi Taufik Hidayat tidak selama seperti dua legenda bulutangkis lainnya, Lin Dan dan Lee Chong Wei.

INDOSPORT.COM - Media China sebut dua hal yang membuat dominasi Taufik Hidayat tidak selama seperti dua legenda bulutangkis lainnya, Lin Dan dan Lee Chong Wei.

Taufik Hidayat, Lin Dan, dan Lee Chong Wei memang sama-sama tergabung dalam member Big Four Kings bersama dengan legenda tunggal putra lainnya asal Denmark, Peter Gade.

Taufik Hidayat sukses tampil mengejutkan ketika usianya masih belasan tahun. Salah satu yang paling mencuri perhatian adalah ketika dirinya mampu menembus final turnamen bulutangkis tertua dunia, All England.

Meskipun pada saat itu, Taufik Hidayat harus mengakui keunggulan dari Peter Gade dalam pertandingan rubber game yang berakhir dengan skor 11–15, 15–7, 10–15. Tetapi untuk kategori anak seusia 17 tahun, itu sudah merupakan pencapaian fantastis.

Tetapi memang patut diakui bahwa era kekuasaan legenda tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat tidak jauh bertahan lama ketika dua pebulutangkis lain seperti Lin Dan dan Lee Chong Wei mulai muncul ke permukaan dan mengguncang dunia.

Melihat situasi itu, media China, Sports Sina, menyebut dua faktor yang menyebabkan dominasi dari Taufik Hidayat tidak begitu lama dari dua rekannya di Big Four Kings, Lin Dan dan Lee Chong Wei.

Menurut media China, dua faktor itu adalah kebugaran fisik dan latihan yang terlalu santai. Kedua hal itu disebut menjadi alasna mengapa periode kejayaan dari Taufik Hidayat tidak selama Lin Dan dan Lee Chong Wei.

Apalagi bisa dilihat bagaimana dua rekor Taufik Hidayat melawan dua eks pebulutangkis itu. Berhadapan dengan Lin Dan, legenda Indonesia hanya berhasil menang empat kali saja, sedangkan Lee Chong Wei, ia berhasil menang delapan kali.

Walaupun dominasinya tidak bertahan lama, Taufik Hidayat lebih beruntung dari Lee Chong Wei dalam urusan raihan gelar di major event, dan hanya berselisih satu trofi yakni Piala Sudirman dengan Lin Dan.

Terlepas dari semuanya, baik Taufik Hidayat, Lin Dan dan Lee Chong Wei kini sudah memutuskan gantung raket. Legenda Indonesia ini memutuskan pada 2013, sedangkan Lee Chong Wei di 2019, serta Lin Dan tahun ini.

IDS Emoticon Suka
Suka
25%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
13%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
25%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
13%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%