Media Asing Sebut Legenda Indonesia, Pelatih dan Pemain yang Sukses

Senin, 5 Oktober 2020 15:15 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Media asing asal India menyebut legenda bulutangkis Indonesia Rexy Mainaky sebagi pelatih dan pemain yang sukses. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Media asing asal India menyebut legenda bulutangkis Indonesia Rexy Mainaky sebagi pelatih dan pemain yang sukses.

INDOSPORT.COM - Media asing asal India menyebut legenda bulutangkis Indonesia Rexy Mainaky sebagi pelatih dan pemain yang sukses.

Rexy Mainaky merupakan pemain ganda putra terbaik milik Indonesia di eranya. Beragam gelar telah ia dapatkan saat masih menjadi pemain bulutangkis di era 1990-an dulu.

Gelar Juara Dunia hingga medali emas Olimpiade sudah didapatkan oleh Rexy Mainaky bersama dengan pasangannya Ricky Subagja saat masih aktif bermain di era 90-an.

Selepas memutuskan gantung raket, Rexy Mainaky tak lantas meninggalkan bulutangkis. Ia hanya menukar posisinya dari yang sebelumnya hanya menjadi pemain, kini menjadi seorang pelatih.

Karier Rexy Mainaky sebagai pelatih dimulai ketika ia diminta untuk menjadi pelatih di timnas bulutangkis Inggris. Di sana, legenda bulutangkis Indonesia berhasil menorehkan sejumlah prestasi mengagumkan hingga membuat Malaysia memutuskan untuk merekrutnya.

Di Malaysia, legenda bulutangkis Indonesia sukses mencetak pasangan berbahaya yakni Tan Boon Heong/Koo Kien Keat sampai mereka meraih gelar All England dan medali emas di Asian Games serta menjadi pasangan ganda putra peringkat 1 dunia.

Setelah meraih banyak kesuksesan di Malaysia, legenda bulutangkis Indonesia, Rexy Mainaky lantas hijrah ke Filipina dan membawa perubahan di sana, tetapi tak lama berselang, Thailand memintanya menjadi pelatih di tim bulutangkis mereka dan masih berlangsung hingga kini.

Kesuksesan Rexy Mainaky membuat media India, 360badminton menyebut bahwa legenda bulutangkis Indonesia tidak hanya sukses sebagai pemain, melainkan juga sebagai pelatih.

Selain itu, media India juga berujar bahwa Rexy Mainaky merupakan orang yang sangat fleksibel dan adaptif, karena mampu bekerja dengan sangat baik meskipun sistem kerja di setiap negara berbeda-beda.

Diketahui, selama masa jabatan Rexy Mainaky di Inggris, legenda Indonesia berhasil mempersembahkan medali perunggu Olimpiade, sedangkan di Malaysia, ia mempersembahkan medali perak dan terakhir di Thailand, ia berhasil mempersembahkan medali perak di Piala Uber 2018.