Jadi Ketum PBSI, Agung Firman Dapat Ucapan dari Badminton Asia

Sabtu, 7 November 2020 13:53 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Twitter@INABadminton
Agung Firman Sampurna, Ketua Umum PBSI. Copyright: © Twitter@INABadminton
Agung Firman Sampurna, Ketua Umum PBSI.

INDOSPORT.COM – Badminton Asia (BA) mengucapkan selamat kepada Agung Firman Sampurna yang telah resmi ditetapkan sebagai Ketua Umum Asosiasi Bulutangkis Indonesia (PBSI) periode 2020-2024.

Badminton Asia melalui akun resminya di Twitter, Sabtu (07/11/20), mengunggah foto sosok Agung Firman Sampurna yang baru saja ditetapkan sebagai ketum PBSI menggantikan ketum lama, Wiranto.

Melalui unggahan tersebut, BA menaruh harapan agar PBSI di bawah kepemimpinan Agung Firman bisa semakin sukses di masa mendatang.

“Badminton Asia mengucapkan selamat untuk Bapak Agung Firman Sampurna yang telah terpilih sebagai Ketua Umum PBSI 2020-2024. Kami mendoakan dia dan PBSI selalu mendapat keberuntungan dan kesuksesan di masa depan,” tulis BA dalam pernyataannya.

Kemunculan sosok Agung Firman Sampurna di dunia bulutangkis nasional memang cukup mengejutkan. Pasalnya, Agung Firman lebih dikenal bidang audit kurang lebih selama delapan tahun, terhitung sejak 2012 hingga sekarang.

Bahkan pada tahun lalu, dia pria kelahiran Madiun, 19 November 1971 silam terpilih sebagai ketua BPK periodeo 2019-2022, dari semula hanya menjabat anggota BPK saja.

Meski begitu, Ketua BPK RI itu merupakan salah satu Pengurus Provinsi PBSI Sumatera Selatan. Bahkan klaim dari timsesnya, ia disebut-sebut kerap berlatih bulutangkis sepekan dua kali. Tak heran jika dia merasa  percaya diri maju di pencalonan Ketum PBSI. 

Agung cukup mendominasi kepemilikan suara di bursa Caketum PBSI lantaran didukung 29 Pengurus Provinsi. Sementara lawannya, Ari Wibowo, yang juga Ketua Umum Pengprov Banten, hanya disokong 10 Pengprov.

Namun, Ari kemudian tidak lolos persyaratan dari Tim Penjaringan pemilihan Ketum PBSI karena adanya suara ganda dari surat dukungan yang disodorkan sehingga hanya memiliki 5 surat dukungan sah.

Akhirnya, berdasarkan hasil penjaringan tersebut, Agung Firman Sampurna maju sebagai calon tunggal, di mana dia mendapatkan mayoritas voter dari 33 Pengprov PBSI.